Yuk Siap-siap! Gelombang Kartu Prakerja 2023 Segera Dibuka

warta-online.com/ – Pemerintah kembali mengadakan Program Kartu Prakerja pada tahun 2023. Program ini akan diselenggarakan dengan skema normal dimana bantuan pelatihan diberikan untuk skilling, reskilling, dan upskilling keterampilan secara online dan offline. Pembukaan gelombang pertama tahun ini yaitu gelombang 48 akan dilakukan pada kuartal 1-2023.

Pada skema normal ini, bantuan biaya yang akan diberikan sejumlah Rp 4,2 juta per orang. Adapun rincian Rp 4,2 juta yang akan diterima masing-masing program kartu prakerja adalah bantuan biaya pelatihan Rp 3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp 100 ribu untuk pengisian survei.

Demikian disampaikan Direktur Komunikasi, Kemitraan Program, dan Pengembangan Ekosistem Kurniasih Suditomo dalam konferensi pers Kartu Prakerja, Rabu (18/1/2023).

“Untuk kartu pra kerja dibukanya triwulan 1-2023, saat ini kita masih menunggu Lembaga Pelatihan masuk (muncul di dalam web prakerja)” ujarnya.

Bagi para peserta yang ingin mendaftar pelatihan, harap terlebih dahulu mendaftar sebagai peserta kartu prakerja. Kemudian, setelah nanti pemerintah mengumumkan pembukaan pendaftaran gelombang 48, peserta dapat mendaftarkan diri dalam program pelatihan tersebut.

Berikut syarat dan cara mendaftar peserta kartu prakerja:

1.WNI (Warga Negara Indonesia) berusia 18 tahun ke atas.

2. Belum pernah menerima bantuan program prakerja.

3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

4.Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

5.Maksimal 2 NIK (Nomor Induk Kependudukan) dalam 1 KK (Kartu Keluarga) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Pendaftaran Kartu Prakerja dilakukan lewat web prakerja.go.id. Berikut langkah-langkah mendaftar Kartu Prakerja:

– Buka situs prakerja.go.id- Jangan lupa siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK- Masukkan data diri serta ikuti petunjuk yang tertera pada layar.- Siapkan pula kertas dan alat tulis. Ini untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar yang dilakukan secara online.- Tekan tombol ‘Gabung’- Tunggu pengumuman peserta yang lulus gelombang di laman dashboard prakerja.go.id.

Setelah mendaftar, Anda tinggal menunggu pengumuman hasilnya. Adapun, berikut ini langkah-langkah untuk melihat hasil pengumuman atau mengakses menu lain dalam dashboard:

– Buka situs prakerja.go.id- Masukkan alamat email dan password yang telah dibuat sebelumnya- Ketik angka verifikasi yang muncul pada layar, klik ‘Masuk’.- Setelah itu Anda telah masuk dalam dashboard prakerja. Di sana akan bisa melihat gelombang yang sedang dibuka atau mengedit informasi akun di menu profil.