Yasonna Ke Silmy Karim: PNBP Imigrasi Memang Triliunan, tapi Gaji Kecil Pak!

warta-online.com/ – – Menteri Hukum dan Hak Asasai Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengingatkan kepada Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi baru, Silmy Karim bahwa gajinya kecil.

Yasonna mengatakan, total Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang didapatkan Imigrasi memang mencapai triliunan rupiah. Namun, tidak dengan gaji dirjen.

Pernyataan tersebut Yasonna sampaikan saat memberikan sambutan dalam Puncak Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke 73 di Hotel Westin, Kuningan, Jakarta Selatan.

“Sekarang memimpin Direktorat Jenderal Imigrasi PNBP-nya memang triliun, tapi gajinya kecil, Pak Dirjen,” kata Yasonna kepada Silmy dari atas panggung, Kamis (26/1/2023).

Silmy, kata Yasonna, memiliki jejak sebagai pemimpin perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan nilai besar dan aset mencapai triliunan rupiah.

Adapun Silmy diketahui sebelumnya menjabat Direktur Utama PT Krakatau Steel.

Yasonna mengatakan, meski gajinya kecil jika dibanding jabatan sebelumnya, kedudukannya saat ini menjadi tempat pengabdian.

“Jadi ini menjadi ladang pengabdian buat saudara Dirjen Imigrasi yang baru,” ujar Yasonna.

Pada kesempatan itu, Yasonna mengatakan kepada para pegawai Imigrasi bahwa mereka saat ini, untuk pertama kalinya dipimpin oleh dirjen yang tidak memiliki latar belakang PNS

Ia meminta mereka membantu dan mengikuti arahan Silmy dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Menurut Yasonna, semua pihak di dalam Direktorat Jenderal Imigrasi harus berkolaborasi dan membantu sama lain seperti bagian-bagian dalam pohon.

“Mulai saat ini Direktur Jenderal Imigrasi yang baru akan memimpin Saudara semua,” tutur Yasonna.

“Taatilah arahannya dan bantulah dia dalam menjalankan tugasnya,” tambahnya.

Sebelumnya, Yasonna resmi melantik Silmy karim sebagai Dirjen Imigrasi pada Rabu (4/1/2023).

Pelantikan tersebut merujuk pada Surat Keputusan Presiden Nomor 165/TPA tahun 2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

“Saudara yang telah saya ambil sumpah dengan ini secara resmi saya lantik pada jabatan sebagaimana tercantum dalam surat keputusan yang telah dibacakan,” kata Yasonna saat melantik Silmy.

Sebagai Dirjen Imigrasi baru, Silmy disebut memiliki tantangan untuk berkoordinasi dengan kementerian/lembaga mengenai kebijakan Golden Visa untuk menarik investor dan global talents.

Tantangan lainnya adalah, peningkatan layanan Visa on Arrival (Voa) dan Izin Tinggal Terbatas, meminimalisir pungutan liar, serta pengembangan pelayanan keimigrasian di bandara yang dibuka untuk penerbangan langsung internasional dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.