Xiaomi Ajukan Paten Smartphone Lipat Dengan Desain Clamshell

warta-online.com/ – NESABAMEDIA.COM – Smartphone lipat memang bisa dibilang pendatang baru di pasaran, namun mereka berkembang cukup pesat. Namun dikarenakan adanya masalah produksi dan faktor lainnya, tidak semua produsen smartphone mampu untuk menghadirkan smartphone lipat. Akan tetapi semua orang yakin bahwa masalah itu bisa segera diatasi.

Kita telah mendengar beberapa nama di industri smartphone yang akan meluncurkan smartphone lipat mereka. Honor tengah mengerjakan Magic V, Oppo akan meluncurkan Find N, Huawei dan Samsung akan meluncurkan generasi berikutnya. Namun ketika membahas mengenai smartphone lipat dengan desain clamshell atau cangkang kerang, itu jauh lebih rumit lagi.

Sejauh ini hanya ada dua brand smartphone yang telah meluncurkan produk semacam itu, yakni Motorola dan Samsung. Dan ini adalah segmen yang akan segera diisi oleh Xiaomi dalam waktu dekat. Setidaknya, Xiaomi telah mengajukan paten untuk desain smartphone lipat dengan clamshell atau cangkang kerang.

Pasar smartphone lipat saat ini masih dikuasai oleh dua brand, yakni Samsung dan Huawei. Keduanya mampu mendapatkan pangsa pasar 99% secara total. Dan meskipun Xiaomi serta Motorola memiliki model smartphone lipat sendiri, namun mereka belum bisa berbuat banyak. Bagi Xiaomi mungkin kondisi ini bakal segera berubah, jika mereka benar akan meluncurkan smartphone seperti paten yang telah mereka ajukan.

Xiaomi dikabarkan baru saja mengajukan paten perangkat ke China National Intellectual Property Association. Desain smartphone lipat baru Xiaomi itu mirip dengan Samsung Galaxy Z Flip 3 dan Huawei P50. Termasuk itu mengadopsi desain lipatan vertikal.

Bagian belakang dari paten kamera itu memiliki dua kamera dan sebuah layar kecil. Terdapat juga lubang berbentuk pil di pojok kiri atas layar internal untuk dua kamera depan. Terdapat juga slot kartu SIM, sebuah USB Type-C, dan grill speaker di bagian bawah. Terakhir, ada tombol daya dan volume di sebelah kanan.

Faktanya, semuanya tidak ada yang kebetulan. Smartphone Samsung Galaxy Z Flip sangat populer, begitu juga dengan Moto Razr, yang akan segera mendapatkan generasi ketiganya. Lebih lanjut, Huawei telah memamerkan model buatan mereka juga.

Seperti yang anda lihat, banyak produsen smartphone yang akan memperbarui atau meluncurkan smartphone lipat dengan desain clamshell ini. Dalam hal ini, langkah yang diambil Xiaomi juga cukup masuk akal. Motorola, Huawei dan Samsung telah memiliki produk dengan jenis demikian, dan Xiaomi juga ingin mendapatkan bagian.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.