Widget Pihak Ketiga Segera Hadir ke Windows 11

warta-online.com/ – NESABAMEDIA.COM – Salah satu fitur yang paling disorot dari Windows 11 selain Start Menu yang baru adalah panel Widget. Namun sayangnya fitur ini tidak mendapatkan sambutan yang begitu hangat, karena widget dihadirkan dengan banyak sekali keterbatasan, mulai dari fungsionalitas hingga penyesuaiannya. Fitur ini pun pada akhirnya memiliki nasib yang sama dengan fitur News and Interest di Windows 10.

Namun hal ini kemungkinan akan segera berubah, setelah adanya beberapa petunjuk yang ditemukan oleh pengembang Windows FireCube pada kebijakan toko aplikasi Microsoft Store.

“Ada informasi menarik mengenai widget pihak ketiga, penerbitan widget dan lainnya. Tampaknya Microsoft dalam waktu dekat akan mengumumkan ketersediaan widget pihak ketiga secara resmi,” cuit akun FireCube dalam jejaring sosial Twitternya beberapa waktu yang lalu.

Tampaknya, API akan dijadikan dalam bentuk terbuka dan aplikasi yang tidak dikelola akan memiliki kemampuan untuk membuat Widget. Widget ini bahkan akan bisa didukung dari halaman web, membuatnya menjadi mirip seperti Live Tile yang ada di Windows 10.

Microsoft tentu saja menyarankan untuk mengunggah Widget pihak ketiga ini ke toko aplikasinya di Microsoft Store agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang membutuhkan. Tampaknya, Microsoft juga akan menawarkan apa yang mereka sebut dengan Widget Board yang berfungsi menampilkan widget yang bisa dipasang.

Kebijakan Microsoft Store Soal Widget Pihak Ketiga

Dari informasi itu diketahui juga bahwa widget tersebut akan dibangun dengan teknologi web, dan sepertinya ini akan membutuhkan keberadaan dari browser Edge. Sebab sebelumnya Edge juga telah mendapatkan tambahan dukungan untuk widget web, meski hal ini belum mendapatkan klarifikasi resmi dari pihak Microsoft.

Informasi Widget Pihak Ketiga di Kebijakan Microsoft Store

Dengan adanya dukungan widget pihak ketiga, diyakini akan membuat fitur widget di Windows 11 akan menjadi lebih menarik, terlebih dukungan oleh penerbit ternama sangat kurang pada platform Windows dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun kebijakan Microsoft Store itu tidak mengungkap kapan dukungan widget pihak ketiga bisa tersedia, sepertinya ini akan diluncurkan sebagai bagian dari pembaruan utama Windows 11 22H2 atau Sun Valley 2. Sementara itu, pembaruan fitur Sun Valley 2 sendiri diyakini akan diluncurkan ke pengguna publik pada musim panas tahun ini.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.