Waspada Cuaca Ekstrem Jelang Tahun Baru, Ini 3 Aplikasi Prakiraan Cuaca untuk Pantau Kondisi

warta-online.com/ – – Per 21 Desember kemarin, BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) telah mengumumkan apabila cuaca ekstrem bakal melanda di sejumlah wilayah Indonesia menjelang tahun baru 2023 .

Cuaca ekstrem dengan potensi hujan lebat hingga sangat lebat diprakirakan bakal terjadi dari 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 di beberapa wilayah seperti Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, dan sebagainya.

Pengumuman prakiraan cuaca ekstrem tersebut bisa dibaca lebih lanjut di ini. Masyarakat diimbau untuk senantiasa waspada. Untuk mewaspadai cuaca ekstrem menjelang tahun baru, terdapat beberapa aplikasi prakiraan cuaca yang bisa dimanfaatkan.

Lantas, apa aplikasi prakiraan cuaca yang bisa dipakai buat memantau kondisi cuaca terkini dan yang akan terjadi? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar aplikasi prakiraan cuaca yang bisa dipakai buat mewaspadai cuaca ekstrem jelang tahun baru.

Daftar aplikasi prakiraan cuaca

1. RainViewer

Aplikasi prakiraan atau aplikasi radar cuaca yang pertama adalah RainViewer. Aplikasi ini memiliki fitur utama untuk memantau cuaca terkini dan yang akan terjadi tujuh hari ke depan. RainViewer menyediakan informasi prakiraan hujan dan badai di peta.

Di aplikasi tersebut, terdapat pula informasi pergerakan badai dalam 90 menit ke depan. RainViewer bisa didapatkan melalui toko aplikasi (untuk iPhone) atau (untuk HP Android).

2. Windy

Selain RainViewer, ada juga Windy dengan fitur serupa. Windy memiliki fitur utama untuk memantau kondisi cuaca. Informasi cuaca yang tampil di peta pada aplikasi Windy disertai dengan visual yang menarik.

Peta pada aplikasi Windy itu tersedia pula informasi kecepatan angin, curah hujan, dan suhu. Aplikasi Windy dapat diunduh melalui toko aplikasi (untuk iPhone) atau (untuk HP Android).

3. Weather Radar

Aplikasi radar cuaca yang ketiga adalah Weather Radar. Sama seperti kedua apikasi di atas, Weather Radar juga memiliki fitur utama untuk menampilkan kondisi cuaca terkini dan yang akan terjadi tujuh hari ke depan (prakiraan cuaca).

Aplikasi ini memiliki peta yang dapat menampilkan animasi kondisi badai, hujan, serta awan terkini. Weather Radar hanya tersedia untuk HP Android. Dengan demikian, untuk mendapatkan Weather Radar, caranya bisa mengakses .

Itulah daftar tiga aplikasi prakiraan cuaca. Selain ketiga aplikasi di atas, sebetulnya masih banyak lagi aplikasi radar cuaca atau aplikasi prakiraan cuaca yang bisa dimanfaatkan untuk menghindari cuaca ekstrem jelang tahun baru 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.