Wakil Ketua MPR sebut Ramadan momentum perkokoh nilai persatuan bangsa

warta-online.com/ – Wakil Ketua MPR RI Leatari Moerdijat mengingatkan masyarakat untuk memanfaatkan Ramadan sebagai momentum guna melatih dan meningkatkan pengamalan nilai-nilai toleransi, kebinekaan, serta saling menghormati antaranak bangsa dalam rangka memperkokoh persatuan.

“Selain merupakan momentum peningkatan ibadah bagi pemeluk agama Islam, bulan Ramadan juga dapat dijadikan ajang untuk melatih dan meningkatkan pengamalan nilai-nilai kebinekaan dan saling menghormati antaranak bangsa,” kata Leatari Moerdijat dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Politikus yang akrab disapa Rerie itu mengajak segenap anak bangsa untuk memanfaatkan Ramadan demi membangun persatuan dan kesatuan.

Terlebih, Pemerintah melalui Kementerian Agama bersama mayoritas ormas Islam telah menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh bersamaan pada hari Kamis ini.

“Dengan meningkatnya praktik nilai-nilai kemanusiaan pada bulan Ramadan, dorongan untuk merajut persatuan setiap anak bangsa dengan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan akan semakin besar,” kata Rerie.

Rerie berharap Ramadan menjembatani terbangunnya kesepahaman setiap anak bangsa tentang pentingnya persatuan di antara keberagaman yang menjadi karakter Indonesia.

Semangat persatuan di antara keberagaman itu makin penting, lanjut Rerie, menyongsong pesta demokrasi Pemilu 2024. Pada tahun depan bangsa Indonesia harus memilih pemimpin dan para wakil rakyat untuk melanjutkan roda pembangunan negeri dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Rerie juga berharap selama Ramadan, yang dianggap sebagai bulan suci umat Islam, para tokoh bangsa bersama masyarakat dapat membangun semangat persatuan setiap anak bangsa sebagai bagian upaya membangun bangsa yang tangguh dan berdaya saing pada masa depan.