Travel  

Ulang Tahun ke-266, Yogyakarta Gelar Banyak Acara Wisata

warta-online.com/ – Ulang Tahun Jogja atau Yogyakarta diperingati setiap 7 Oktober. Tahun ini menjadi Ulang Tahun ke-266 Yogyakarta.

Sedikitnya, sebanyak 14 acara wisata bakal digelar pada bulan Oktober. Ini termasuk peluncuran logo yang digelar pada Sabtu 1 Oktober 2022.

Dengan adanya banyak kegiatan, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta pun menargetkan 500.000 hingga satu juta wisatawan mampir ke Kota Pelajar selama Oktober 2022.

Adapun hingga akhir Agustus 2022, jumlah wisatawan yang datang ke Yogyakarta tercatat sebanyak 4,5 juta orang atau dua kali lebih banyak dibandingkan target wisatawan sepanjang 2022, yakni dua juta orang.

“Lama tinggal wisatawan juga melebihi target yaitu 1,8 hari, dengan rata-rata belanja Rp 1,8 juta per wisatawan,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Minggu (02/10/2022), seperti dikutip dari

Wahyu menambahkan, acara yang digelar cukup beragam, termasuk di bidang olahraga, pertunjukan seni dan budaya, pameran produk UMKM, serta acara untuk pencinta kopi.

Acara puncak perayaan ulang tahun Yogyakarta , yakni gelaran Wayang Jogja Night Carnival, akan dirayakan pada 7 Oktober dalam bentuk pawai street art di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Tugu, dan Jalan Margo Utomo.

Gelaran ini akhirnya bisa kembali digelar di lokasi awal, setelah selama dua tahun terakhir hanya digelar secara terbatas.

Adapun pawai street art ini masuk untuk kedua kalinya dalam daftar Top 100 Kharisma Event Nusantara (KEN).

“Pada awal Oktober ini akan ada banyak event yang bisa diikuti oleh seluruh kelompok masyarakat maupun wisatawan,” ujarnya.

Berbagai organisasi pariwisata pun digandeng untuk bersama-sama mempromosikan kegiatan wisata tersebut ke calon wisatawan.

“Menjelang puncak peringatan, kami juga mengundang sejulah YouTuber dari Indonesia dan mancanegara, seperti dari Singapura dan Malaysia, untuk mempromosikan rangkaian perayaan ulang tahun tersebut. Mereka pun kami ajak berkeliling Yogyakarta,” ujarnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://warta-online.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://warta-online.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”