Sudinsos Jaksel bagikan ratusan alat bantu fisik pada 2022

warta-online.com/ – Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Selatan membagikan ratusan alat bantu fisik ke sejumlah warga kurang mampu maupun warga yang membutuhkan pada 2022.

“Kami membagikan sebanyak 502 alat bantu fisik kepada warga di seluruh Jakarta Selatan,” kata Kepala Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Jakarta Selatan Bernard Tambunan saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Bernard merinci alat bantu fisik tersebut terdiri dari 20 buah tongkat kaki tiga, 30 alat bantu dengar, 432 kursi roda orang dewasa dan 20 kursi roda untuk anak.

Untuk kursi roda orang dewasa, pihaknya memprioritaskan lanjut usia (lansia) yang sakit maupun lumpuh guna memudahkan mereka menjalani aktivitas sehari-hari.

Menurut dia, untuk bisa menerima alat bantu fisik tersebut warga harus memiliki kartu penyandang disabilitas dan menyesuaikan kuota penerima yang tersedia.

Tak hanya menerima manfaat berupa alat bantu fisik, namun para penyandang disabilitas juga menerima uang tunai sebesar Rp300 ribu per bulan yang dikirim ke rekening masing-masing.

“Kita akan memastikan dengan survei layak atau tidaknya bantuan itu untuk penyandang disabilitas,” katanya.

Harapan Bernard, dengan adanya pembagian alat bantu fisik yang dibagikan pemerintah secara gratis ini mampu meringankan beban warga kurang mampu maupun yang sudah lanjut usia.

“Semua yang ada di Jakarta Selatan yang terlantar, tidak mampu hingga butuh bantuan sosial kami upayakan untuk terus membantu,” katanya.