Simak! Tips Ampuh Atasi Kulit Sensitif Selama Puasa Ramadan

Simak! Tips Ampuh Atasi Kulit Sensitif Selama Puasa Ramadan

warta-online.com/ – Salah satu permasalahan tubuh yang dapat timbul saat menjalankan ibadah puasa Ramadan adalah kulit kering dan cenderung sensitif. Kondisi tersebut umumnya dipicu akibat tubuh yang kekurangan asupan cairan.

“Pada saat masa-masa puasa, tubuh yang kekurangan asupan cairan bisa menimbulkan masalah kulit, seperti jerawat, hiperpigmentasi, hingga kulit sensitif,” ujar Medical Beauty Expert, dr. Claudia Christin dalam acara temu media ‘Somethinc: Kulit Ngamuk? CALM DOWN!-in aja!’ di Jakarta, Rabu (23/3/2023).

“Perawatan pada masalah kulit seperti ini tidak boleh dianggap sepele dan harus segera diatasi agar kondisinya tidak menjadi semakin parah,” lanjutnya.

Selain memastikan tubuh tidak kekurangan asupan cairan dengan tetap mengonsumsi dua liter air mineral dalam sehari, dr. Claudia mengatakan bahwa ada sejumlah cara untuk menjaga hidrasi kulit, yakni menggunakan rangkaian perawatan kulit (skincare) yang tepat.

Ia mengatakan, produk skincare yang mengandung Heartleaf, Korean Mugwort, Encapsulated Ceramide, hingga Centella Asiatica adalah kombinasi kandungan yang tepat untuk menenangkan kulit iritasi dan kemerahan selama Ramadan.

“Jadi kalau untuk kandungan, pastinya yang berfungsi untuk menghidrasi, ya, salah satunya Encapsulated Ceramide,” papar dr. Claudia.

“Ceramide itu bagian dari kulit kita sebenarnya. Kalau puasa, kandungan Ceramide lagi enggak seimbang. Maka dari itu harus kita perkuat dengan skincare [yang mengandung] Ceramide,” lanjutnya.

Claudia menjelaskan, selain menghidrasi, kandungan Heartleaf, Korean Mugwort, Encapsulated Ceramide, hingga Centella Asiatica juga mampu memperbaiki dan memperkuat skin barrier. Skin barrier adalah lapisan teratas kulit yang berfungsi menjaga kulit dari paparan radikal bebas.

Lalu, ia juga mengimbau masyarakat untuk menghindari gesekan pada wajah secara berlebihan, terutama saat mencuci muka untuk menghindari rusaknya skin barrier. Setelah itu, penggunaan toner eksfoliasi juga penting untuk dilakukan guna mengangkat sisa-sisa kulit mati dan kotoran yang terdapat pada kulit.

Selain itu, dr. Claudia juga menyarankan untuk menggunakan serum penenang kulit dengan konsentrasi tinggi dan mengunci kelembapan kulit dengan pelembap (moisturizer). Ia mengatakan, moisturizer yang baik untuk digunakan adalah produk yang bertekstur ringan, mudah menyerap, dan tidak lengket.