Travel  

Rute ke Kampung Ramadhan Jogokariyan, Tempat Berburu Takjil di Yogyakarta

warta-online.com/ – – Jika kamu sedang berada di Kota Yogyakarta, maka ada banyak tempat mencari takjil untuk berbuka puasa.

Salah satunya adalah Masjid Jogokariyan yang menggelar acara Kampung Ramadhan Jogokariyan .

Masjid ini menyediakan hingga 3.000 makanan untuk buka puasa secara gratis. Ada pula berbagai pedagang yang menjual makanan dan minuman untuk berbuka.

Kompas.com sempat berkunjung langsung ke Kampung Ramadhan Jogokariyan (KRJ) pada Senin (27/3/2023).

Cara mendapatkan takjil gratis di KRJ pun mudah. Pengunjung tinggal mengantre untuk mendapat takjil yang sudah disiapkan.

Selain itu, ada pula stan-stan pedagang yang memperjualbelikan aneka makanan dan minuman di sekitar masjid.

Pengunjung bisa membeli berbagai makanan, seperti dim sum, sate cumi, Takoyaki, corn dog, kebab, hingga minuman, seperti es teh, es kuwut, dan es buah.

Rute ke Masjid Jogokariyan

Masjid Jogokariyan tepatnya berada di Mantrijeron, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Jarak tempuhnya dari pusat Kota Yogyakarta (Tugu Jogja) adalah sekitar 6,6 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 20 menit.

Dari Tugu Jogja, rute menuju Masjid Jogokariyan bisa ditempuh melalui Jalan Tentara Pelajar untuk menghindari penutupan Jalan Malioboro.

Rutenya adalah, terus ke arah barat dari Tugu Jogja. Sesampainya di Perempatan Pingit, belok kiri masuk Jalan Tentara Pelajar.

Terus lurus ikuti jalan. Setibanya di Perempatan Ngabean (Parkiran Ngabean), terus lurus ke arah selatan hingga Perempatan Pojok Beteng Kulon.

Belok kiri di perempatan ini. Terus lurus hingga perempatan lampu merah kedua, lalu belok kanan masuk Jalan Parangtritis.

Terus lurus sampai lampu merah dengan Pom Bensin Pertamina. Belok kanan di perempatan ini. Terus lurus, dan perjalanan pun sampai di Masjid Jogokariyan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.