Travel  

Rute Karnaval Budaya pada Grebeg Sudiro 2023, Jangan Salah Tempat

warta-online.com/ – – Grebeg Sudiro yang merupakan event menyambut Imlek di Kota Solo sudah dimulai.

Selain bisa menikmati keindahan lampion yang berpendar, wisatawan juga bisa mengikuti rangkaian acara.

Salah satu acara dalam Grebeg Sudiro 2023 adalah Karnaval Budaya yang akan digelar pada Minggu (15/1/2023) mulai pukul 14.00 WIB.

“Ada reog, barongsai, beberapa kesenian dari beberapa kota di Jawa tengah, ada perwakilan kesenian dari beberapa Pokdarwis (kelompok sadar wisata) kota Surakarta,” kata Nanda kepada Kompas.com, Sabtu (14/1/2023).

Keunikan lain uang bisa dilihat dari peserta karnaval adalah, adanya dua gunungan yang menyerupai Stadion Manahan dan Gedung Djoeang 45. Isi gunungan adalah kue keranjang yang akan dibagikan kepada masyarakat.

Rute Karnaval Budaya pada Gregeg Sudiro 2023

Nanda melanjutkan, karnaval akan dimulai dari Pasar Gede. Selanjutnya, peserta akan berjalan ke arah Bundaran Gladag melalui depan Bank BRI.

Namun sebelum sampai Bundaran Gladag, peserta akan belok kiri melewati Jalan Mayor Kusmanto (depan Telkom atau samping Benteng Vastenburg).

Terus lurus di pertigaan, peserta belok kiri menyusuri Jalan Kaptem Mulyadi, kemudian belok kanan di perempatan memasuki Jalan RE Martadinata, melalui depan Kantor Kelurahan Sudiroprajan.

Selanjutnya, peserta belok kiri di pertigaan melewati Jalan Cut Nya Dien sampai mentok di pertigaan kemudian belok kiri menyusuri Jalan Ir. Juanda, lalu belok kiri di perempatan lampu merah, menyusuri Jalan Urip Sumoharjo, kembali ke Pasar Gede.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.