Resolusi 2023 Menuju Diri yang Lebih Sehat dan Bahagia, Kiat-kiat Mudah Murah dan Sederhana

warta-online.com/ – 2023 tinggal menunggu hitungan hari. Membuat resolusi menjadi enggan dilakukan karena di tahun-tahun sebelumnya selalu gagal terealisasi.

Alasannya, bisa jadi karena tujuan kita besar, namun kita lupa memetakan bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Di artikel kali ini, ada tiga resolusi baik untuk menuju hidup sehat dan bahagia. Tiga hal yang nampak sepele tapi berdampak signifikan bagi kehidupan.

Kontrol Waktu Tidur yang Sehat

Melakukan resolusi ini sekilas terlihat sangat mudah, namun nyatanya sulit dilakukan. Biasanya, orang-orang tidak benar-benar insomnia atau kesulitan terlelap namun lebih kepada sulit melepaskan diri dari layar handphone.

Screen time atau waktu memegang ponsel menjadi berlebihan karena ada perasaan jika sudah tidur maka kesempatan menyelami hiburan di ponsel akan sulit ditemui, kareka ketika bangun banyak kegiatan yang harus dilakukan.

Untuk itu, solusi yang bisa dilakukan adalah samakan waktu tidur dan bangun setiap hari. Misal tidur pukul 23.00 WIB, dan bangun pukul 05.00 WIB. Kalau perlu gunakan alarm untuk membantu anda.

Dengan begitu, tubuh akan terbiasa mengenali pola tersebut dan akan mengantuk serta terbangun dengan otomatis.

Solusi kedua, prioritaskan tidur . Artinya jika ada pekerjaan yang menumpuk, lebih baik tidur lebih awal dan bangun lebih awal, misal pada pukul 02.00 WIB atau 03.00 WIB untuk mengerjakannya.

Ini solusi paling jitu yang harus diupayakan, yaitu matikan lampu saat hendak tertidur. Hal ini lantaran otak akan lebih rileks dan rehat tanpa stimuli cahaya di sekeliling.

Kelola Stress dengan Lebih Baik

Cara mengelola stress adalah dengan memahami dan mengenali kalau anda sedang mengalami/menghadapi stress . Artinya rasakan dan jangan malah menghindar dengan distraksi sesaat.

Perasaan yang muncul jangan dihalang-halangi atau ditekan, biarkan saja mengalir sebagaimana seharusnya. Yakinlah, emosi-emosi buruk semacam itu akan hilang pada akhirnya.

Kemudian, memproses stress akan kembali kepada masing-masing individu. Proses ini bisa sangat unik dan berbeda antara satu orang dan lainnya. Temukan hal tersebut.

Contoh, strategi koping stress bisa dengan bersih-bersih rumah, melakukan hobi, beristirahat, fangirling/fanboying, jalan-jalan di alam terbuka atau perkotaan.

Perlu diingat, stress tidak sama dengan gila. Stress hanya kondisi transisi atau penyesuaian diri ketika diri kita berhadapan dengan stressor atau perubahan. Tugas banyak, lingkungan kerja baru, kos baru, peran baru, dll.

Lebih Rutin Minum Air Putih

Minum air putih dan tidak menahan kencing merupakan metabolisme yang cenderung disepelekan banyak orang. Padahal, sudah banyak riset ilmiah maupun non-ilmiah yang menyatakan kehebatannya.

Mulailah kebiasaan minum rutin. Tak usah berlebihan, sekali minum cukup beberapa teguk, tapi sering dilakukan.

Untuk mempermudah, anda bisa mengunduh aplikasi pengingat minum dengan alarm, beli botol minum besar, cari tahu kebutuhan minum pribadi, dan paksa serta mulai sejak saat ini.

Perihal suhu tak jadi soal. Namun air hangat baik digunakan untuk menghangatkan kerongkongan sekaligus semua yang ada di area situ sehingga memperlancar peredaran darah.

Air putih hangat juga bagus untuk lapisan mukosa tenggorokan sehingga menjaga kita dari infeksi saluran napas atas. ***