PowerToys 0.53.1. Tambahkan Dukungan G-Code Untuk File Explorer

warta-online.com/ – NESABAMEDIA.COM – Hanya berselang satu bulan dari perilisan versi 0.51.1, Microsoft tancap gas dan merilis PowerToys versi 0.53.1. Microsoft mengatakan bahwa perilisan versi baru ini ditujukan untuk aspek maintenance, namun karena dukungan luar biasa dari komunitas, versi baru ini mendapatkan tambahan fitur-fitur menarik.

Microsoft menjelaskan bahwa saat ini mereka tengah mengerjakan peningkatan installer, namun lebih dari itu, versi baru ini secara drastis juga meningkatkan banyak hal lainnya.

Setidaknya ada tiga hal utama dalam peningkatan tersebut, seperti dukungan G-code di panel pratinjau File Explorer dan thumbnail. Kemudian aa plugin pencarian web baru dari PowerToys Run melalui frasa aksi ??, dan fitur Always on Top dengan pintasan Win+Ctrl+T.

Clint Rukas, kepala pengembangan dari Microsoft PowerToys mengatakan bahwa ada setidaknya 100 perbaikan yang dibawa dalam versi 0.53.1 ini. Berikut beberapa di antara daftar perubahan tersebut:

    Installer yang baru ini memiliki ciri khas visual saat pembaruan, jika anda memiliki jalur pemasangan khusus. Ini akan menunjukkan jalur instal default, tetapi sebenarnya akan menimpa lokasi yang anda gunakan saat ini. Kami sedang menyelidiki bagaimana cara untuk memperbaikinya.

    Dengan pintasan keyboard Win+Ctrl+T, jendela yang diutamakan akan tetap berada di lapisan atas, dan menekannya kembali akan mengembalikan ke normal.

    Peningkatan input HEX untuk mengatur menu warna, termasuk dukungan untuk kode hex tanpa tagar dan kode hex pendek seperti #CF0.

    Memperbaiki jendela turunan yang tidak tersemat dengan baik di FancyZones.

    Memperbaiki peningkatan overlay untuk mengurangi kecerahan dan menyembunyikan angka di FancyZones.

    Menambahkan dukungan G-code untuk thumbnail dan panel pratinjau di File Explorer.

PowerToys merupakan proyek sumber terbuka dari Microsoft yang menawarkan koleksi alat-alat serbaguna yang bisa digunakan untuk mengkustomisasi antarmuka atau pengalaman Windows 10 atau 11 sesuai selera. Beberapa utilitasnya bahkan dihadirkan sebagai utilitas default ke sistem operasi. Contohnya adalah fitur Snap Layouts dan Snap Group yang diterapkan ke Windows 11, yang mengadopsi fitur dari FancyZones.

Anda bisa mendapatkan PowerToys ini melalui halaman resminya di GitHub pada tautan berikut ini.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.