Plus Minus Bangun Bisnis Menggunakan Pinjaman

warta-online.com/Jakarta, CNBC Indonesia– Pinjaman modal menjadi salah satu jalan yang kerap dipertimbangkan seseorang untuk memulai atau mengembangkan bisnis.

Belum lagi jenis pinjaman semakin beragam. Bukan hanya KTA bank atau pinjaman dengan agunan untuk modal usaha, cicilan dana bulanan yang berbasis online seperti Kredivo pun bisa menjadi alternatif para pebisnis pemula dalam mendapatkan modal pinjaman.

Pasalnya, mengajukan pinjaman melalui Kredivo untuk modal usaha tidak memerlukan submit proposal bisnis atau survei. Selama memenuhi syarat pendaftaran dan memiliki limit yang cukup, Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp 500 ribu sampai jutaan rupiah. Plus, suku bunga pinjaman Kredivo hanya 2.6% per bulan.

Namun, sebelum mengajukan pinjam untuk modal usaha, ada lima hal yang perlu dipertimbangkan. Kelima hal itu sebagai berikut.

Mulai Bisnis Lebih Cepat

Ini adalah salah satu kelebihan jika Anda memanfaatkan cicilan dana bulanan dari fintech seperti Kredivo. Dengan proses pendaftarannya yang cepat, Anda bisa langsung menjalankan bisnis sesuai rencana.

Apalagi jika usaha yang ingin dijalankan termasuk skala kecil yang kebutuhan modalnya tidak besar. Dengan adanya layanan pinjaman pencairan cepat, modal usaha Rp 2 juta sampai Rp 5 jutaan bisa didapat hanya dalam waktu 1-2 hari selama Anda punya akun aktif dan limit yang memadai.

Arus Kas Terjaga

Keuntungan lain dari pinjaman modal usaha adalah arus kas bisa tetap terjaga. Sebab ketika menggunakan uang tunai sebagai modal, akan ada cost yang terbebani atau harus dikurangi.

Adapun dengan adanya cicilan, arus kas tetap terjaga dan pengeluaran hanya cicilan pinjaman. Dengan pinjaman modal usaha, seseorang bisa mengembangkan bisnisnya sesuai rencana.

Bunga Bisa Lebih Tinggi

Tidak bisa dipungkiri jika cicilan dana bulanan berbasis online memiliki bunga yang relatif besar dibandingkan dengan pinjaman dari bank. Namun, mengajukan pinjaman ke bank memiliki persyaratan lebih banyak dibandingkan pinjaman KTA atau cicilan dana bulanan berbasis online.

Oleh karena itu, sebelum mengambil pinjaman untuk modal, lakukan survei ke beberapa lembaga pinjaman dan jenis pinjaman yang tersedia supaya bunga yang Anda dapat bisa lebih rendah.

Risiko Gagal dan Kredit Macet

Meski termasuk pinjaman produktif, risiko gagal putar modal juga bisa terjadi pada usaha yang didanai dari pinjaman. Apalagi jika bisnis tersebut tidak memiliki perencanaan dengan matang. Alhasil, kredit macet juga bisa saja terjadi.

Di sinilah pentingnya untuk mengukur dan mempertimbangkan risiko kegagalan usaha yang didanai dari modal pinjaman. Selain rencana cadangan untuk menutup pinjaman, seperti menjual aset pribadi, Anda bisa mengalokasikan dana dari uang pinjaman sebesar 3 bulan cicilan untuk berjaga-jaga.