Penemuan Baru, Arkeolog Yoav Vaknin Temukan Sisa-Sisa Gambaran Kehidupan Masa Israel Kuno

warta-online.com/ – Terobosan cara-cara atau metode dari arkeologi yang mengandalkan penciptaan kembali medan geomagnetik Bumi, kini mulai ditemukan.

Diketahui dari beberapa periode ribuan tahun lalu, metode tersebut telah digunakan untuk mengonfirmasi narasi alkitab tentang serangan militer Mesir kuno terhadap Israel .

Menurut laporan dari Newsweek, diungkapkan bahwa ada bermacam-macam gambaran perjanjian lama lainnya pada masa kuno.

Misalkan perjanjian tentang operasi militer Aram, Asyur, dan Babilonia melawan Kerajaan Israel dan Yehuda yang juga dibenarkan oleh penelitian terdahulu.

Yang mana penemuan tersebut sudah diterbitkan dalam jurnal PNAS (Proceedings of the National Academy of Ilmu Amerika Serikat).

Seperti dikutip dari Newsweek, seorang peneliti dari Universitas Tel Aviv yang bernama Yoav Vaknin mengatakan kepada media bahwa studi ini dilakukan untuk mengklarifikasi kejadian yang diungkap di dalam Alkitab Ibrani, berupa topik diskusi yang intens dibahas di antara ahli.

“Debat ini relevan dengan diskusi mengenai historisitas teks Alkitab,” kata Yoav Vaknin.

Diskusi tersebut sebelumnya terfokuskan kepada analisis keramik dan, baru-baru ini perihal penanggalan radiokarbon.

Menurut Mr Yoav Vaknin, radiokarbon cukup terbatas dan tidak memungkinkan untuk resolusi tinggi yang berasal dari sekitar 800 SM sampai 400 SM

“Kami ingin memperkenalkan alat kronologi lain untuk membantu memecahkan perdebatan ini. Sangat penting untuk mempelajari peristiwa yang terjadi setelah 800 SM. Untuk periode sebelumnya, ini adalah alat pelengkap radiocarbon,” katanya.

Metodologi penelitian ini seputar perihal rekonstruksi medan geomagnetik historis dari sisa-sisa kasus pembakaran rumah-rumah warga pada masa Israel kuno.

Peneliti juga mengaitkan lingkungan arkeologis dengan operasi militer tertentu yang sudah dijabarkan dalam narasi alkitabiah dengan dibantu data ini, kata media tersebut lebih lanjut.

Mr Yoav Vaknin juga menjabarkan bahwa mereka telah mencoba sebagian besar batu bata lumpur kering yang telah dibakar ketika kota-kota kuno dibakar.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://warta-online.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://warta-online.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”