Pendapatan Smartphone Global Tembus Rekor $450 Miliar di Tahun 2021

warta-online.com/ – NESABAMEDIA.COM – Pendapatan pasar smartphone global dilaporkan telah melampaui angka $448 miliar pada tahun 2021, menurut penelitian terbaru dari Counterpoint Research. Angka tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 7% secara tahunan dan 20% secara kuartalan, bahkan di tengah terjadinya kelangkaan pasokan komponen dan pembatasan pemerintah karena wabah pandemi yang terus mengganggu rantai pasokan di seluruh dunia.

Harga penjualan smartphone rata-rata (ASP) tumbuh sebesar 12% secara tahunan hingga mencapai angka $322, utamanya karena tingginya pangsa smartphone 5G, yang memiliki tingkat harga penjualan smartphone rata-rata lebih tinggi dari smartphone 4G. Ini termasuk juga karena kesuksesan Apple dalam meluncurkan iPhone 13 mereka.

Selain itu, lebih banyak lagi model smartphone 5G yang dirilis pada tahun 2021 oleh OEM seperti Xiaomi, Vivo, Oppo dan Realme yang berfokus untuk memenuhi permintaan yang lebih besar atas smartphone 5G dengan harga terjangkau. Itu mayoritas terjadi di pasar India, Asia Tenggara, Amerika Latin dan Eropa Timur. Sebagai hasilnya, smartphone 5G mampu berkontribusi lebih dari 40% dari penjualan smartphone global pada tahun 2021, dibandingkan pada tahun 2020 yang hanya sebesar 18%.

Ada juga peningkatan permintaan global untuk smartphone kelas menengah dan premium karena sektor pendidikan, pekerjaan dan hiburan terdampak pandami, yang menyebabkan orang-orang harus beraktivitas dari rumah, sehingga terjadi peningkatan kebutuhan perangkat. Terakhir, kelangkaan global komponen smartphone juga telah menyebabkan OEM menaikkan harga eceran di beberapa smartphone kelas entry dan menengah mereka.

Pendapatan Apple iPhone mengalami peningkatan sebesar 35% secara tahunan menjadi $196 miliar pada tahun 2021. Ini menguasai 44% dari total pendapatan smartphone global di periode tersebut. Tingginya permintaan akan iPhone 12 dan iPhone 13 berbasis 5G, membantu Apple mendapatkan pertumbuhan 14% di ASP, yang mencapai $825 di tahun 2021. Apple juga berhasil meningkatkan pangsa pasar mereka di market negara berkembang seperti India, Thailand, Vietnam dan Brazil.

Samsung mengalami peningkatan pendapatan smartphone sebesar 11% secara tahunan, menjadi $72 miliar pada tahun 2021, dibandingkan $64 miliar pada tahun 2020. ASP mereka juga tumbuh sebesar 5% menjadi $263 miliar di tahun 2021.

Kemudian pendapatan Xiaomi juga meningkat sebesar 49% menjadi $36 miliar pada tahun 2021, dibandingkan dengan tahun 2020 yang sebesar $24 miliar. Oppo mengalami peningkatan pendapatan sebesar 47% menjadi $37 miliar. Sedangkan Vivo, pendapatannya naik sebesar 43% secara tahunan menjadi $34 miliar.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.