Pedagang Boleh Habiskan Stok Pakaian Impor Bekas, Selanjutnya Gimana?

warta-online.com/ – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas masih mengizinkan pedagang berjualan pakaian impor bekas. Ia meminta pedagang untuk menghabiskan stoknya saat ini.

“Khusus untuk pakaian bekas ini yang dikejar penyelundupan bapak-bapak yang dagang ini tetap boleh dagang sampai barangnya habis. Berat ini tanggung jawabnya, habiskan stoknya dagang sampai habis,” kata Zulhas di hadapan ratusan pedagang baju bekas impor di Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2023).

Zulhas mengatakan sembari pedagang menghabiskan stoknya, pemerintah akan menindak importir baju bekas ilegal tersebut. Ketua Umum PAN itu menjelaskan nasib dan alternatif bagi pedagang akan dibicarakan kembali nanti.

“Kalau barang habis nanti kita bertemu lagi nggak mungkin pemerintah menyusahkan rakyatnya. Ketemu lagi di tempat yang enak, kalau nggak di kantor saya di kantor Pak Teten,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koperasi UKM Teten Masduki juga mengatakan hal yang sama. Saat ini pemerintah masih mengizinkan pedagang berjualan baju bekas impor. Namun, nantinya hal itu akan dilarang.

“Sekali lagi untuk sementara waktu pemerintah masih mentoleransi pedagang atau pengecer untuk menjual pakaian bekas. Ke depan baik penyelundup maupun pedagang akan disanksi,” ujarnya.

Ia menyebut, alternatifnya pedagang Pasar Senen bisa menjual pakaian produk lokal. Hal itu dilakukan untuk mendukung produksi dari UMKM lokal, dan mendukung produk dalam negeri.

“Saya perlu mendukung UMKM memproduksi pakaian lokal. Itu saudara-saudara juga sama seperti kalian mencari nafkah. Kita harus buat agar produk lokal jadi tuan rumah di negeri sendiri. Hari ini kami berdua pasang badan untuk kalian semua,” tutupnya.