Travel  

Meriahnya Parade Berkebaya di Solo Bersama Ibu Negara, Peringati Hari Batik Nasional 2022

warta-online.com/ – Peringatan Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober 2022 disemarakkan dengan parade kebaya di Kota Solo , Jawa Tengah.

Kegiatan parade kebaya bertajuk Berkebaya Bersama Ibu Negara ini nampak meriah diikuti sekitar 2.500 peserta.

Sesuai namanya, parade kebaya dihadiri oleh Ibu Negara yaitu Iriana Jokowi, sebagai inisiator kegiatan.

Sementara itu, peserta parade tersebut terdiri dari para istri menteri Kabinet Indonesia Maju, para istri gubernur, dan Himpunan Ratna Busana Solo.

Dari pantauan Kompas.com di lapangan, Minggu (2/10/2022), peserta maupun masyarakat umum nampak memadati area parade.

Lokasi tepatnya adalah di depan Rumah Dinas Wali Kota Solo, yakni Loji Gandrung sampai depan Ndalem Wuryoningratan, Jalan Slamet Riyadi.

“Diikuti 2.500 peserta yang berjalan kaki sekitar 10 menit dari Loji Gandrung sampai Ndalem Wuryoningratan. Tak hanya ibu-ibu, diikuti juga oleh akum muda, perempuan, maupun bapak-bapak yang mendampingi,” ujar jurnalis Kompas.com di lapangan, Minggu.

Selain parade kebaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga menyiapkan sejumlah kegiatan. Di antaranya panggung hiburan, menari bersama, tarian batik, dan bazaar UMKM.

Adapun kegiatan ini berlangsung pukul 13.30 WIB sampai dengan 18.00 WIB. Semua masyarakat dari berbagai lapisan dan kalangan bebas berpartisipasi.

Diinisiasi Ibu Negara, dorong penetapan Hari Kebaya Nasional

Seperti dikutip (28/9/2022), Ketua Umum Himpunan Ratna Busana, Danarsih Santosa Doellah mengatakan bahwa Ratna Busana merupakan perkumpulan perempuan pencinta busana daerah yang berdiri sejak 15 tahun silam di Solo.

Danarsih menjelaskan, parade kebaya yang dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Batik Nasional 2022 ini diprakarsai langsung oleh Iriana Jokowi.

“Kemarin Bu Ana (panggilan Iriana Jokowi) ke Solo. Beliau mengingatkan kepada saya dengan adanya gerakan kebaya goes to UNESCO, Bu Ana mengingatkan kalau tidak salah kebaya asalnya dari Solo. Kemudian meminta saya untuk membuat gerakan ini. Beliau bilang ‘saya akan datang, Bu’,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Berkebaya Bersama Ibu Negara, Febri Hapsari Dipokusumo menambahkan, tujuan kegiatan ini digelar adalah untuk mendukung penetapan Hari Kebaya Nasional. Selain itu, sekaligus untuk mengusulkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO.

“Ini baru pengusulan tim nasional mendukung penetapan kebaya sebagai warisan budaya tak benda dan mendukung usulan kebaya sebagai warisan budaya dunia UNESCO,” terang Febri, dikutip dari Kompas.com.

Karena digelar bersamaan dengan Hari Batik Nasional, jelas Febri, maka batik sebagai padu badan kebaya dalam kegiatan ini.

Sehingga, dapat terlihat selain mengenakan kebaya, para peserta mengenakan batik untuk bawahan kebaya tersebut.

Pertama kali diadakan

Dari informasi yang Kompas.com dapatkan, kegiatan parade berkebaya ini baru pertama kali diadakan di Kota Solo.

Sebelumnya untuk merayakan Hari Batik Nasional, Kota Solo mengadakan kegiatan Solo Batik Carnival, tempat para kreator atau perajin membuat kreasi batik.

Saat karnaval, para kreator menyulap kain batik menjadi sesuatu yang indah dan kreatif. Artinya, parade kebaya sekaligus memperingati Hari Batik Nasional yang diadakan tahun ini, merupakan suatu terobosan baru.

Adapun dari pantauan Kompas.com di lapangan, masyarakat dari berbagai usia tampak sangat antusias mengikuti parade dan kegiatan lainnya yang digelar.

Peserta terutama ibu-ibu dengan baju kebaya dan bawahan batik, selain berbaris, juga memadati stand-stand UMKM yang menjual berbagai produk lokal. Selain itu, terdengar alunan musik tradisional dari panggung hiburan yang sudah disediakan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://warta-online.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://warta-online.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”