Mengenal Kecerdasan Buatan dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

warta-online.com/ – Kecerdasan buatan atau bisa disebut dengan Artificial Intelligence ( AI ) menjadi perbincangan yang tak ada habisnya. Perkembangan teknologi satu ini terus memberikan inovasi baru dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan diprediksi sistem kecerdasan buatan ini akan menjadi salah satu pengganti sebagian alat yang lebih efisien, praktis, dan mudah. Contoh saja salah satu topik yang sedang ramai diperbincangkan yaitu ChatGPT.

Tools chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) dari OpenAI tersebut dapat menjawab beragam pertanyaan dengan luwes dan mampu memahami konteks pertanyaan pengguna.

ChatGPT menjadi salah satu rekayasa kecerdasan buatan yang menjadi inovasi terbaru saat ini. Lantas apa sebenarnya teknologi kecerdasan buatan/Artificial Intelligence?

Mengenal apa itu kecerdasan buatan

Dilansir dari Tech Target, kecerdasan buatan/Artificial Intelligence (AI) adalah rekayasa teknologi yang mempelajari dan membangun sistem komputer melakukan tindakan layaknya manusia.

Hal ini meliputi pembelajaran, pemikiran, pengambilan keputusan, hingga interaksi manusia. Aplikasi AI umumnya akan mencakup sistem pakar, pemrosesan bahasa alami, pengenalan suara, dan visi mesin.

Secara umum sistem kerja kecerdasan buatan adalah dengan menyerap data dalam jumlah besar, menganalisis data untuk korelasi dan pola, selanjutnya menggunakan pola itu untuk membuat prediksi tentang kondisi pada masa mendatang.

Pemograman AI berfokus pada tiga keterampilan kognitif utama yaitu pembelajaran mesin (Machine Learning), pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing), dan pemahaman gambar/citra (Computer Vision).

Machine Learning

Aspek pemograman Artificial Intelligence ini berfokus pada perolehan data. Pada aspek ini AI akan membuat cara mengubah data menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti. Proses ini bisa disebut dengan algoritme. Sistem juga akan belajar dari data membuat prediksi atau keputusan.

Natural Language Processing (NLP)

Aspek pemrograman AI ini berfokus pada pemilihan algoritme yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sistem akan mempelajari bagaimana komputer dan manusia dapat berinteraksi menggunakan bahasa manusia.

NLP akan melibatkan beberapa hal, seperti penafsiran, pemahaman teks, hingga makna, dan lainnya.

Computer Vision

Dalam aspek kecerdasan buatan satu ini sistem komputer akan mencoba mempelajari dan memahami informasi visual yang dilakukan manusia. Contoh saja memproses pengenalan wajah, pola, hingga deteksi objek.

Dua kategori kecerdasan buatan

Dalam AI terdapat dua tipe yaitu Strong AI dan Weak AI. Apa itu?

Strong AI

Jenis ini biasa juga disebut dengan Artificial General Intelligence (AGI). Strong AI menggambarkan pemrograman yang dapat meniru kemampuan kognitif otak manusia.

Ringkasnya, sistem Strong AI akan memiliki kemampuan intelektual setara dengan manusia salah satunya seperti memahami bahasa, membuat keputusan, memecahkan masalah, dan lainnya.

Weak AI

Sistem ini dirancang dan dilatih hanya untuk menyelesaikan instruksi tertentu. Anda bisa menemukan contoh sistem kecerdasan buatan satu ini dapat ditemukan pada asisten pribadi virtual, seperti Siri padaApple, Cortana, dan Google Assistant.

Contoh penerapan kecerdasan buatan di kehidupan sehari-hari

Selain bentuk chatbot yang kerap ditemui. Terdapat beberapa contoh kecerdasan buatan (AI) lainnya yang dirasakan saat ini. Beberapa di antaranya seperti:

Virtual Assistant

Pengguna pasti sudah tak asing dengan virtual asssistant yang biasanya secara otomatis di smartphone masing-masing. Contoh saja ada Siri dari Apple, Google Assistant, dan lainnya.

Virtual Assistant membantu pengguna membuat instruksi pada perangkatnya hanya menggunakan ucapan. Sangat membantu apabila Anda sedang dalam kondisi genting atau multitasking.

Sistem rekomendasi produk

Sistem rekomendasi produk memanfaatkan algoritma machine learning untuk pengenalan pola. Kecerdasan buatan ini akan mengenali pola pembelian pengguna dan merekomendasikan produk yang sesuai.

Chatbot

Chatbot tentu familiar Anda temukan terutama pada sistem e-niaga. Chatbot akan menjawab pertanyaan pelanggan dengan template sama.

Contoh saja ketika Anda ingin mengetahui cara pemesanan sebuah produk, maka pengguna cukup mengetikkan kata kunci tertentu dan selanjutnya akan muncul prosedur pemesanannya.

Sistem navigasi GPS

Dalam sistem navigasi GPS kecerdasan buatan terlihat pada aspek machine learning yang mempelajari jalur dan pola lalu lintas, dan memberikan rekomendasi rute terbaik dan akurat.


Beberapa contoh lainnya juga bisa ditemui di:

  • Pengenalan wajah pada ponsel
  • Aplikasi prediksi cuaca
  • Aplikasi pemantauan kesehatan
  • Pengenalan suara
  • Sistem keamanan video

Kelebihan dan kelemahan kecerdasan buatan

Beberapa kelebihan yang bisa dirasakan pengguna dengan perkembangan AI adalah pekerjaan lebih efektif, praktis, dan efisien. Tak hanya itu aplikasi dengan sistem kecerdasan buatan memberikan hasil yang detail dan konsisten.

Namun kelemahannya AI memerlukan biaya mahal hingga membutuhkan tenaga teknis yang mendalam. Tak hanya itu perkembangan kecerdasan buatan juga berdampak pada sektor industri yang mulai beralih pada tenaga AI dan mulai mengurangi tenaga kerja manusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.