Mendag Usul RI Tiru Gaya Qatar-Saudi Jaga Stok Pangan

Mendag Usul RI Tiru Gaya Qatar-Saudi Jaga Stok Pangan

warta-online.com/ – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut Indonesia tidak punya rencana stok pangan. Hal ini disampaikan dalam acara Webinar Nasional ICMI TALK “Polemik Impor Beras di Akhir Tahun”, Selasa (27/12/2022).

Ia pun mencontohkan, jika hari ini memotong ayam, ayam tersebut harus terjual hari itu juga karena apabila dijual keesokan harinya, keadaan ayamnya sudah tidak bagus. Begitu juga dengan cabai.

“Kita nggak punya rencana stok pangan. Kalau Anda pergi ke Dubai, ke Qatar, Arab Saudi, apalagi negara maju mereka ada stok pangan 2 bulan 3 bulan, kita nggak ada. Yang ada cuma beras,” ucapnya.

Menurutnya sangat disayangkan apabila Indonesia tidak punya rencana stok pangan, terlebih Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar sekitar 270 juta orang.

Oleh karena itu, ia mengaku tengah mengusulkan untuk mengadakan rencana stok pangan nasional. “Nah, ini saya juga usul untuk dibenahi karena kita sudah punya Badan Pangan Nasional (Bapanas), nah ini bertahap akan kita benahi. Kita berusaha agar kita punya stok pangan,” tuturnya.

“Punya pendingin yang besar, cool storage kita punya nanti stok pangan mungkin 1 bulan. Kalau tidak bisa sebulan, lihat 2 minggu dulu, kalau 2 minggu sudah, 3 minggu, 3 minggu sudah, satu bulan. Yang ideal kita punya stok pangan 1 bulan setengah,” tutupnya.