Lebih Dekat ke Notepad dan Media Player Baru di Windows 11

warta-online.com/ – NESABAMEDIA.COM – Beberapa minggu yang lalu, Microsoft mengumumkan sejumlah fitur baru yang akan dihadirkan ke Windows 11. Sebagai bagian dari pembaruan, Microsoft mengatakan mereka akan melakukan penyegaran pada dua aplikasi penting mereka, yakni Notepad dan Groove Music yang kini bernama Media Player. Sekarang, beberapa pekan setelah perilisan beta, Notepad dan Media Player yang baru itu akhirnya hadir untuk semua pengguna.

Mulai Rabu pekan ini, aplikasi Notepad dan Media Player baru akan hadir ke semua pengguna Windows 11 melalui Microsoft Store. Mirip dengan pembaruan sebelumnya yang dirilis untuk aplikasi asli Microsoft, Notepad dan Media Player juga mendapatkan perombakan Fluent Design dan sudut membulat untuk jendela atau tombolnya.

Karena aplikasi tersebut benar-benar didesain ulang layaknya aplikasi baru, Microsoft memutuskan juga akan tetap menyimpan versi klasik dari Notepad atau Groove Music default. Notepad dan Media Player baru akan terpasang sebagai aplikasi default secara pra-install di jutaan perangkat PC akhir tahun ini atau tahun depan.

Lebih Dekat ke Notepad Baru

Penyegaran desain besar Notepad memperkenalkan Fluent Design dan perombakan WinUI yang membawa aplikasi itu menjadi selaras dengan antarmuka Windows 11.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Notepad kini menggunakan pengendali WinUI, jadi anda akan mendapatkan akses yang lebih baik atas font, animasi baru untuk menu dropdown dan lainnya.

Microsoft juga menambahkan sudut membulat ke jendela, tombol dan area lainnya dari Notepad. Lebih pentingnya lagi, Notepad kini hadir dengan halaman pengaturan sendiri, yang memungkinkan pengguna untuk mengkustomisasi font dari daftar menu dropdown. Halaman pengaturan juga memungkinkan anda beralih dari mode gelap dan terang atau mengikuti tema perangkat.

Tampilan Notepad Mode Gelap Baru

Meski sudut membulat mungkin adalah sebuah perubahan kecil, halaman pengaturan Notepad akan sangat berguna dalam jangka panjang, ketika Microsoft menambahkan lebih banyak fitur kustomisasi lagi nantinya.

Lebih Dekat ke Media Player

Setelah menguji Media Player baru selama hampir tiga bulan lamanya, Windows Media Player akhirnya tersedia untuk pengguna publik Windows 11. Media Player akan menggantikan Groove Music, aplikasi yang pertama kali ditambahkan di Windows 10 dan telah ada selama beberapa waktu sebagai pemutar audio default.

Tampilan Media Player Baru

Menariknya, Microsoft tidak menyebut Media Player baru ini sebagai sequel atau penerus dari Windows Media Player yang ikonik itu, yang pernah menjadi aplikasi populer di masanya. Media Player dipromosikan sebagai pengganti dari Groove Music. Hasilnya, aplikasi Movies & TV tetap akan ada.

Untuk saat ini, setelah dilakukan pengujian, kedua aplikasi yang baru saja diperbarui itu ketersediaannya belum merata, meskipun sudah dirilis ke publik. Kemungkinan karena ini dikirimkan secara bertahap, dan diyakini baru merata pada akhir pekan nanti.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.