Kunci Finlandia Jadi Negara Terbahagia: Tak Sirik ke Tetangga

Kunci Finlandia Jadi Negara Terbahagia: Tak Sirik ke Tetangga

warta-online.com/ – Finlandia makin mengukuhkan diri sebagai negara paling bahagia di dunia. Negara di kawasan Skandinavia tersebut mengalahkan negara lain dalam hal dukungan sosial, harapan hidup, kemurahan hati, dan absennya korupsi.

Menurut laporan World Happiness Report tahun 2022, Finlandia berhasil mempertahankan posisinya sebagai negara terbahagia di dunia untuk kelima kalinya.

Laporan ini menilai tingkat kebahagiaan berdasarkan sejumlah faktor seperti dukungan sosial, harapan hidup, kemurahan hati, dan absennya korupsi.

Sementara itu, Indonesia masih berada di posisi 87 dalam daftar 156 negara. Indonesia bahkan tertinggal jauh dibandingkan negara ASEAN termasuk Filipina, Thailand, Malaysia dan Vietnam.

Dengan menjadi nomor satu pada 2022 maka Finlandia telah memuncaki daftar World Happiness Report selama lima tahun berturut-turut.

Dalam laporan tahun 2022, para responden dari 156 negara diminta untuk “memberikan nilai pada kehidupan mereka saat ini dengan skala 0 hingga 10, dengan kehidupan paling buruk sebagai 0”.

Laporan juga memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi dukungan sosial, harapan hidup, kemurahan hati, dan absennya korupsi.

Dikutip dari CNBC Make It, Frank Martela, PhD seorang filsuf dan peneliti psikologi Finlandia yang mempelajari dasar-dasar kebahagiaan, mengatakan untuk mempertahankan tingkat hidup yang tinggi, warga Finlandia senantiasa memberdayakan tiga hal.

“Kami tidak mengusik kehidupan orang lain, tidak merusak dan selalu menjaga lingkungan serta menjaga sikap dan rasa percaya antar masyarakat” sebut Martela.

Masyarakat Finlandia mempercayai bahwa fokus pada apa yang membuat mereka bahagia dan tidak membandingkan diri mereka dengan orang lain adalah kunci kebahagiaan.

Terdapat sebuah pepatah terkenal dari seorang penyair Finlandia: “Kell’ onni on, se onnen kätkeköön.” artinya “Jangan membandingkan atau menyombongkan kesuksesan Anda”.

Orang Finlandia benar -benar memperhatikan hal ini , terutama jika menyangkut hal-hal materi dan tampilan kekayaan secara terbuka.

Mereka juga sangat peduli pada alam dan menghabiskannya waktu untuk berinteraksi dengan lingkungan alaminya. Menurut survei tahun 2021, 87% orang Finlandia merasa bahwa alam penting bagi mereka karena memberikan ketenangan pikiran, energi, dan relaksasi.