Kembali Viral, Simak 5 Manfaat Permainan Latto-Latto dan Bahayanya

warta-online.com/ – Permainan Latto-Latto kini kembali viral dan banyak dimainkan oleh anak-anak Indonesia.

Bahkan, di beberapa daerah permainan tradisional tersebut dijadikan ajang perlombaan dengan menilai ketahanan pemain dalam memainkan Latto-Latto.

Di sejumlah daerah, permainan itu disebut juga dengan nama “Tek-Tek” yang diambil dari suara yang dihasilkannya saat dua bola berbenturan.

Ternyata, permainan Latto-Latto memiliki sejumlah manfaat dan risiko bahaya bagi para pemainnya.

Namun, sebelum membahas manfaat dan bahayanya, alangkah baiknya untuk sedikit tahu sejarah dari permainan tradisional yang bukan asli Indonesia itu.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari berbagai sumber, Latto-Latto merupakan permainan tradisional yang berasal dari Amerika Serikat dan sudah ada sejak 1960-an.

Di Amerika dan Eropa, permainan Latto-Latto dikenal juga dengan nama Clackers atau Clackers Balls Toys.

Latto-Latto memiliki kemiripan dengan senjata Bolas, yaitu senjata dengan dua pemberat di ujung tali yang saling terhubung. Hanya saja, Bolas lebih besar dan talinya panjang

Bolas merupakan senjata yang sering digunakan oleh masyarakat adat Tehuelche, yaitu penduduk asli Patagonia timur di Amerika Selatan untuk menjerat kaki sasaran atau buruan.

Manfaat Permainan Latto-Latto

Permainan Latto-Latto ternyata memiliki manfaat bagi pemainnya, terutama anak-anak. Berikut lima manfaat yang didapat dari permainan Latto-Latto.

1. Melatih Kemampuan Motorik

Kemampuan motorik adalah kemampuan gerak yang perlu dilatih, khususnya bagi anak-anak.

Hal itu terdapat dalam permainan Latto-Latto yang mengharuskan anak bergerak dan fokus untuk memainkannya.

Selain Latto-Latto, permainan tradisional lain seperti lompat karet juga dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik anak.

2. Kepercayaan Diri

Permainan Latto-Latto juga dapat melatih rasa kepercayaan diri, hal itu terjadi saat anak-anak diharuskan membaur dengan teman sebayanya yang memiliki permainan yang sama.

Bahkan, mungkin juga anak-anak akan bertemu dengan orang-orang baru dari lingkungan mereka.

3. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Permainan Latto-Latto ternyata tidak hanya melatih motorik, tetapi juga dapat meningkatkan kecerdasan anak, terutama saat mengadu atau bertanding dengan teman sebayanya.

Dimana untuk mempertahankan pergerakan bola Latto-Latto diperlukan strategi agar lebih lama dari lawannya.

4. Mengontrol Emosi

Dalam pertandingan Latto-Latto, anak perlu mengontrol emosi agar dapat memenangkan pertandingan tersebut atau mempertahankan gerak Latto-Latto tetap seimbang, sehingga lebih lama dari yang lain.

5. Melatih Fokus Anak

Permainan Latto-Latto juga ternyata perlu daya fokus yang bagus dan konsisten, karena untuk mempertahankan keseimbangan bola, anak-anak butuh memfokuskan diri.

Bahaya Permainan Latto-Latto

Selain manfaat, permainan Latto-Latto juga memiliki bahaya yang dapat menimpa pemainnya.

Salah satunya yang sering terjadi adalah bola yang terlempar mengenal wajah atau bagian tubuh lainnya.

Bola yang terbuat dari plastik itu cukup berat dan menyakitkan saat mengenai bagian tubuh seseorang.

Lepasnya bola Latto-Latto biasanya terjadi karena bagian pengait atau ikatan tali pada bola patah atau terputus, sehingga menyebabkan bola terlempar dengan keras saat dimainkan dengan gerakan cepat.***