Kemarin Ditutup Menguat Tipis, Berikut Proyeksi IHSG pada Hari Ini

warta-online.com/ – Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) ditutup menguat 9,61 poin atau 0,14 persen ke 6.776,37 pada Rabu (8/3/2023) kemarin. Kenaikan ini terjadi setelah sepanjang perdagangan indeks saham bergerak di zona negatif.

Praktisi sekaligus Founder WH Project William Hartanto mengatakan, pada perdagangan kemarin indeks saham menunjukan pola pembalikan arah bullish yang terbentuk pada akhir downtred. Menurutnya, pola yang dikenal dengan istilah hammer itu memberikan harapan bagi IHSG untuk menguji level 6.800 sebagai resistance.

“Besarkah peluangnya? Menurut kami termasuk kecil, karena nilai transaksi masih kurang mendukung. Walaupun pada perdagangan kemarin ada net buy investor asing, namun jumlahnya tipis,” tutur dia, dalam risetnya, Rabu.

Lebih lanjut Ia bilang, secara keseluruhan belum ada indikasi yang menarik dari IHSG. Nilai transaksi disebut masih berada di bawah rata-rata, di mana net sell asing lebih dominan, serta sentimen laporan keuangan dinilai tidak terlalu menolong.

Dengan melihat sentimen tersebut, William memproyeksi, pada perdagangan Kamis (9/3/2023) hari ini indeks bergerak variatif cenderung melemah. IHSG diprediksi bergerak pada rentang 6.750-6.865.

“Pembentukkan pola hammer jelang akhir sesi 2 menjadi indikasi yang bagus dan mencerminkan adanya daya beli yang kuat sehingga membuka peluang untuk rebound, namun IHSG masih dalam tekanan jual sehingga rebound terbatas dan peluang pembalikan arah tren sangat kecil,” ujarnya.

Pada perdagangan hari ini, William merekomendasikan saham ITMG (buy, support Rp 36.125, resistance Rp 40.000), RALS (buy, support Rp 620, resistance Rp 680), GGRM (buy, support Rp 25.000, resistance Rp 27.500), dan BBCA (buy, support Rp 8.250, resistance Rp 8.800).

Sementara itu, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, rilis data perekonomian mengenai tingkat kepercayaan konsumen yang membaik dapat menjadi salah satu faktor yang dapat menopang pola gerak IHSG. Ini selaras dengan mobilitas masyarakat yang berangsur normal.

“Dapat kembali memberikan gairah terhadap kinerja emiten yang dapat kembali mendapatkan kinerja yang baik,” katanya.

Dengan melihat sentimen tersebut, William bilang, IHSG berpotensi menguat hari ini. Menurutnya, indeks saham akan bergerak pada rentang 6.698-6.821.

Pada sesi perdagangan hari ini, William merekomendasikan saham UNVR, ICBP, GGRM, HMSP, KLBF, BBCA, SMRA, PWON, dan JSMR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jenis mobil apakah yang menggunakan dua mesin penggerak dengan bensin dan motor listrik?

Dapatkan total hadiah Rp 5.000.000,- untuk 10 orang beruntung dengan mengikuti kuis otomotif berikut ini!

Berikut ini yang merupakan kelebihan dari kendaraan listrik, kecuali?

Apa nama bahan bakar dari pertamina ber-oktan 92?

Pada tahun berapakah Robert Anderson mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai listrik?

Apakah kepanjangan EV yang biasa digunakan dalam mobil listrik?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey