Google Doodle 17 Agustus 2022 Rayakan HUT Ke-77 RI dengan Kembang Api Merah Putih

warta-online.com/ – Laman pencarian Google hari ini, 17 Agustus 2022, agak berbeda dari hari-hari biasa. Ketika membuka laman Google.com, akan muncul sebuah doodle (gambar) khas bertema HUT ke-77 Republik Indonesia.

Ilustrasi Google Doodle tersebut menggambarkan lima prang dengan pakaian adat khas daerah Indonesia, sambil mendayung di atas perahu.

Menurut penjelasan Google di laman resminya, ilustrasi tersebut adalah lomba “Balap Perahu” yang menjadi salah satu tradisi paling populer dalam peringatan Hari kemerdekaan Republik Indonesia. Ilustrasi tersebut dibuat oleh seniman tamu di Bandung yang bernama Wastana Haikal.

Ilustrasi ini digunakan untuk memberi pesan kepada masyarakat Indonesia bahwa tradisi ini mengajarkan betapa pentingnya kerja sama dari sebuah tim, yang mana hal tersebut sejalan dengan semboyan negara Indonesia, yakni Bhinneka Tunggal Ika.

Selain soal doodle, Google juga menambahkan fitur khusus edisi HUT ke-77 RI. Ketika pengguna mengeklik ilustrasi tersebut, akan muncul animasi petasan berwarna merah dan putih yang memenuhi laman utama pencarian.

Agar penampakan petasan merah-putih lebih terlihat, gunakan mode malam di perangkat. Apabila menggunakan Chrome, mode malam bisa diaktifkan dengan cara klik ikon gerigi di pojok kanan atas > gulir ke bawah ke menu “appearance/tampilan” > pilih “dark theme”/tema gelap.

Google Doodle 17 Agustus untuk peringatan HUT ke-77 RI ini bisa diakses lewat desktop maupun mobile. Namun, tampilan petasan merah putih di laman Google setiap perangkat akan berbeda. Dikarenakan petasan tersebut menyesuaikan ukuran layar perangkat yang digunakan.

Perubahan lain juga ditemukan di hasil pencarian. Pada logo “Google” yang nangkring di pojok kiri atas, dua huruf “O” pada Google akan diganti dengan bendera merah putih milik Indonesia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://warta-online.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://warta-online.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”