Google akan Tingkatkan Limit Files di Google Drive?

warta-online.com/ – Kabar bahagia bagi anda pengguna Google Drive, setelah mendapatkan banyak keluhan dari penggunanya kini perusahaan Google kembali mengumumkan bahwa mereka akan memberikan peningkatan batasan berkas yang ada di Google Drive untuk semua penggunanya, Selasa (04/04).

Beberapa waktu yang lalu, Google memang sempat mendapatkan kritikan atas layanan Google Drive yang mereka berikan kepada penggunanya. Ada banyak pengguna dari situs Reddit yang menuliskan kekecewaan mereka atas layanan Google Drive yang telah lama mereka gunakan.

Google Drive mendapatkan kritikan karena membatasi jumlah berkas yang bisa diunggah dan dicadangkan di layanan Cloud, di mana ketika pengguna telah mencapai hingga 5 juta berkas di Google Dribe, maka pengguna tak dapat menyimpan lebih banyak data kecuali harus menghapus atau mengurangi isinya.

Maksudnya ialah, meskipun pengguna telah berlangganan sekali pun dengan paket Unlimited yang mana tak membatasi jumlah data, namun ketika berkas yang disimpan telah mencapai 5 juta items maka secara otomatis Google Drive akan menolak unggahan berkas tersebut meskipun masih menyediakan limit penyimpanan yang banyak.

Pesan Google Drive Ketika Telah Mencapai 5 Juta Items

Walaupun beberapa pengguna mengatakan bahwa ini hanya bug atau masalah di Drive, namun sebenarnya sejak tanggal 14 Februari 2023 kemarin Google tela menuliskan bahwa mereka memang akan membatasi jumlah berkas hingga 5 juta items di Google Drive.

“Google has applied a 5 Million items limit for Google Drive without any prior warning, causing major inconvenience to several users. If you have an average file-size of < 400KB on a 2TB plan, you’ll hit this limit before running out of space!” Tulis salah satu pengguna Reddit.

Juru bicara Google Workspace kini memberikan klarifikasi bahwa batasan yang berlaku saat ini merupakan sebuah program dari Google untuk memperkuat kinerja dan daya tahan penyimpanan yang kuat. Batasan ini hanya berlaku di Google Drive namun tak berlaku sama untuk pengguna Share Drives dan Google Workspace.

Lantas apa masalah pastinya? Apakah memang Google memberikan batasan ini secara resmi? Google sendiri tidak memberikan informasi pasti akan hal ini, maka dari itu ada banyak opini yang menjelaskan bahwa kapasitas yang dibatasi oleh Google ini hanya bug semata yang mana hanya perlu menunggu perbaikan dari Google.

Bagaimana jika ini benar-benar dibatasi? Akankah anda pindah ke layanan Cloud lainnya? Tuliskan pendapat anda di kolom komentar ya.

    Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

    Download Software Windows

    Download Aplikasi Android

    Download Driver Printer

    Download Sistem Operasi

    Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.