Gempa Bumi Magnitudo 6,1 yang Mengguncang Turki Sebabkan Puluhan Orang Terluka

warta-online.com/ – Gempa bumi magnitudo 6,1 dilaporkan mengguncang bagian barat Turki pada Rabu, 23 November 2022.

Menurut pihak Pusat Seismologi Eropa-Meditarania (EMSC) Turki , gempa tersebut berada di kedalaman 2 km, berada di Golyaka, sebuah daerah yang berlokasi di provinsi barat laut Duzce, Turki .

Disebutkan bahwa gempa terjadi pada pukul 4.30 pagi waktu setempat.

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca menuturkan di Twitter, atas kejadian gempa itu, 22 orang mengalami luka-luka dan 1 orang dilaporkan kritis setelah melompat dari gedung karena panik.

Secara terpisah, Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu menyatakan sejauh ini belum ada kerusakan parah serta laporan orang yang tewas dalam peristiwa gempa tersebut.

Otoritas Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki (AFAD) mengatakan, terjadi pemadaman listrik terkendali di wilayah Duzce. Dia juga memperingatkan warga agar tidak panik.

Diketahui, Turki terletak di salah satu zona gempa paling aktif di dunia.

Sebelumnya, pada Januari 2022, gempa magnitudo 6,8 melanda Elazig, sebuah kota di Anatolia Timur, Turki , yang menewaskan lebih dari 40 orang.

Masih di tahun yang sama, Turki kembali dihantam gempa berkekuatan 7,0 skala Richter, tepatnya melanda Laut Aegea. Akibat gempa itu, 114 orang dinyatakan tewas dan meluka lebih dari 1.000 orang.

Terbaru, media Turki menyatakan Gempa di Duzce juga dirasakan di Istanbul dan Ankara.

Gempa magnitudo 6,1 yang melanda Turki ini terjadi setelah gempa yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat pada Senin, 21 November 2022 dengan magnitudo 5,6, yang menewaskan lebih dari 200 orang.***