FIFA & Qatar Diduga Memalsukan Jumlah Penonton Piala Dunia

warta-online.com/ – Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) baru-baru ini memperbarui jumlah kapasitas stadion selama penyelenggaraan FIFA World Cup 2022 (Piala Dunia 2022) pada laman web resminya. Hal tersebut dilakukan karena banyak tuduhan bahwa FIFA dan Qatar selaku tuan rumah memalsukan angka kapasitas stadion yang sebenarnya.

Sebelumnya, validitas angka suporter yang hadir di stadion sempat dipertanyakan oleh sejumlah pihak. Sebab, dalam empat pertandingan yang telah diselenggarakan, banyak terlihat kursi kosong di stadion.

Dilansir dari media Inggris, Mirror, pada laga perdana Piala Dunia 2022, yaitu Qatar vs Ekuador di Stadion Al-Bayt, disebutkan stadion memiliki kapasitas 60.000 orang, tetapi FIFA menyebutkan bahwa angka resmi jumlah penonton yang hadir adalah 67.372. Padahal, terlihat banyak bagian kursi kosong di stadion. Tak lama kemudian, angka kapasitas stadion diperbarui menjadi 68.895 penonton.

Perubahan tersebut juga terjadi di Stadion Internasional Khalifa. Disebutkan, stadion tersebut memiliki kapasitas 40.000 penonton. Namun, FIFA menyebutkan melalui laman webnya bahwa penonton yang hadir pada pertandingan Inggris vs Iran berjumlah 45.334. Setelah muncul kontroversi dan pemeriksaan kembali, FIFA memperbarui angka kapasitas stadion menjadi 45.857 pada Selasa (22/11/2022).

Perubahan tidak berhenti sampai situ, Stadion Al Thumama yang menjadi saksi kemenangan Belanda atas Senegal dengan skor 2-0 pun turut menjadi kecurigaan publik. Pada awalnya, FIFA mengklaim bahwa stadion di Doha tersebut mampu menampung 40.000 penggemar. Namun, ketika pertandingan berlangsung, banyak terlihat kursi kosong, padahal penonton yang hadir disebutkan berjumlah 41.721. Setelah itu, FIFA memperbarui bahwa kapasitas Stadion Al Thumama adalah 44.400.

Selain itu, Stadion Lusail yang menjadi saksi kekalahan Argentina ketika melawan Arab Saudi pun turut dipertanyakan dan mengalami perubahan jumlah kapasitas stadion. Menurut penonton yang hadir di stadion, terdapat banyak sekali kursi kosong di stadion, padahal FIFA menyebutkan bahwa jumlah orang yang hadir adalah 88.012 dari kapasitas 80.000 stadion. Akibat pertanyaan tersebut, FIFA kembali memperbarui jumlah kapasitas stadionnya menjadi 88.996.