Dunia Sedang Kacau, BI Sebut Indonesia Bisa Terancam

warta-online.com/ – Deputi Gubernur Bank Indonesia ( BI ), Dody Budi Waluyo menyebutkan jika kondisi dalam negeri bisa terancam dengan situasi dunia yang sedang kacau.

Sejumlah negara pada saat ini sedang mengalami krisis dan menghadapi ancaman resesi global, Indonesia menjadi salah satunya.

Negara-negara di Eropa yang akan memasuki musim panas juga disebut Dody Budi Waluyo menjadi salah satu ancaman bagi Indonesia .

Selain itu, konflik antara Rusia dan Ukraina turut mempengaruhi sejumlah sektor seperti energi dan juga pasokan gandum.

“Tes untuk hadapi krisis energi adalah apakah Eropa bisa menghadapi musim dingin yang saat ini terjadi dengan pasokan gas dibatasi oleh Rusia ,” kata Dody Budi Waluyo.

Pembatasan pasokan gas oleh Rusia akan menimbulkan potensi kenaikan harga minyak dan gas dalam beberapa bulan ke depan.

Padahal, harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia sudah mengalami kenaikan, ketika banyak negara lain yang stabil atau justru turun.

Ancaman pengeboman yang akan dilakukan Rusia terhadap kapal Ukraina yang membawa gandum ke seluruh dunia juga berpotensi menjadi gangguan pasokan bahan pangan, termasuk ke Indonesia .

“Harga komoditas berisiko akan tinggi ke depan. Ini simbol bahwa dunia tidak sedang baik-baik saja. Kami tidak menakut-nakuti, tetapi bagaimana memitigasi risiko krisis pangan ke depan,” ujar Dody Budi Waluyo dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://warta-online.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://warta-online.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”