Dubes RI: Sejauh Ini Tak Ada Korban WNI di Tragedi Halloween Itaewon

warta-online.com/ – KBRI di Seoul pada Minggu (30/10/2022) pagi, mengatakan bahwa sejauh ini tidak ada warga negara Indonesia yang menjadi korban dalam tragedi Halloween Itaewon .

Indisen desak-desakan dalam perayaan Halloween di gang sempit di ibu kota Korea Selatan pada Sabtu (29/10/2022) itu dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 149 orang, termasuk dua warga negara asing.

“Kami terus memonitor lewat kantor-kantor polisi setempat dan rumah-rumah sakit setempat dan dilaporkan ada dua warga negara asing yang jadi korban dari tragedi Itaewon,” kata Duta Besar Gandi Sulistiyanto kepada VOA pada Minggu pagi.

“Dari dua warga asing itu, setelah dicek, sementara ini yang kami dapat laporan adalah bukan WNI,” tambahnya.

Namun, Gandi memperingatkan bahwa keadaan masih bisa berubah.

“Karena ini korban terus bertambah dari yang luka-luka dan meninggal dunia, kami terus melakukan monitoring dan dari waktu ke waktu akan laporkan kepada publik,” jelas dia.

Sementara itu, diberitakan Kantor berita AFP, Badan Pemadam Kebakaran Nasional Korea Selatan pada Minggu pagi, melaporkan jumlah korban tewas akibat kecelakaan itu telah meningkat menjadi 151 orang, termasuk 19 orang asing.

Sampaikan duka cita

Gandi, mewakili KBRI di Seoul, juga menyampaikan rasa duka citanya kepada para korban tragedi yang tidak terduga itu.

Di Korea Selatan terdapat sekitar 35.000 WNI, kebanyakan adalah pekerja migran.

Para pejabat Korea Selatan mengatakan sedikitnya 149 orang tewas karena berdesak-desakan di Itaewon, Seoul dalam sebuah perayaan Halloween yang dihadiri banyak anak muda pada Sabtu.

Sebanyak 79 orang juga cedera dalam insiden itu, kata para pejabat dalam konferensi pers Minggu (30/10/2022) pagi.

Para pejabat mengatakan kebanyakan korban adalah perempuan muda.

Di kawasan Itaewon ada banyak klub malam dan bar yang sering didatangi ekspatriat dan warga lokal.

Distrik itu dipadati oleh pengunjung yang merayakan Halloween.

Media lokal memperkirakan sekitar 100.000 orang berkumpul untuk merayakan Halloween.

Belum jelas apa yang menjadi penyebab tragedi halloween Itaewon .

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://warta-online.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://warta-online.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”