Daftar Sistem Operasi yang Banyak Dipakai di Dunia, dari Windows sampai iOS

warta-online.com/ – Berbagai perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, tablet dan lainnya, kini menemani setiap orang dalam menunjang aktivitasnya sehari-hari. Kecanggihan dari aneka perangkat itu tak lepas dari peran sistem operasi (OS) yang menyertainya.

Setiap perangkat memiliki OS tersendiri dengan segudang fitur yang cukup mirip namun berbeda. Misalnya Windows dan Linux yang sama-sama ditujukan untuk komputer, namun menawarkan fitur unggulan masing-masing.

Begitu pula dengan Android dan iOS yang ditujukan untuk smartphone, tetapi menawarkan konsep dan fitur khas masing-masing.

Nah dari aneka OS tersebut, masih banyak sistem operasi lainnya yang turut melengkapi berbagai perangkat elektronik di dunia. Lantas sistem operasi mana yang paling banyak dipakai di dunia? Berikut ulasannya.

  • Microsoft Windows

Windows menjadi sistem operasi yang paling banyak dipakai di dunia . OS besutan Microsoft ini menguasai hampir 72 persen pangsa pasar komputer dan laptop global.

Dominasi Windows sebenarnya sudah terjadi sejak awal tahun 90-an, dan terus menjadi OS terpopuler di industri komputer.

Menurut data Statcounter.com per Oktober 2022, Windows 10 menjadi sistem operasi paling populer dengan pangsa pasar 71,29 persen. Setelah Windows 10, Windows 11 juga populer di kalangan pengguna komputer dan laptop dengan pangsa pasar 15,44 persen.

Salah satu keunggulan Microsoft Windows adalah pilihan software yang luas dibanding OS lain. Selain itu, karena basis penggunanya yang sudah banyak, besar kemungkinan pengembang selalu membuat software untuk OS ini.

  • MacOS

MacOS adalah sistem operasi yang dikembangkan Apple untuk komputernya iMac dan MacBook. Menurut data Statcounter.com, MacOS merupakan sistem operasi paling banyak dipakai di dunia dengan pangsa pasar 15,74 persen, terbesar kedua setelah Microsoft Windows.

Di antara fitur unggulan yang membuat MacOS banyak diadopsi adalah karena resolusi tampilan yang tinggi, hingga keamanan yang tangguh. MacOS juga dilengkapi dengan firewall bawaan yang mampu melindungi pengguna dari trafik jahat serta fitur iCloud yang bisa membantu pengguna melacak MacBook-nya ketika hilang.

  • Linux

Linux merupakan sistem operasi lainnya untuk komputer. OS ini lebih banyak dipakai oleh profesional IT seperti administrator sistem, jaringan atau software engineer. OS ini juga banyak dipakai untuk data center atau untuk menghosting trafik tinggi dan aplikasi atau situs web penting.

Menurut Statista, 47 persen pengembang lebih memilih Linux untuk mengembangkan produk. Dalam hal pangsa pasar, Linux berada di posisi ketiga dengan persentase 2,67 persen.

  • ChromeOS

ChromeOS juga merupakan sistem operasi untuk komputer atau laptop. OS ini dikembangkan oleh Google.

Bila dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, ChromeOS terbilang lebih sederhana karena pada awalnya OS ini hanya ditujukan untuk netbook dan tablet.

OS komputer dari Google ini menurut Statcounter memiliki pangsa pasar 2,38 persen dan menempati posisi ke-4 dari daftar OS yang paling populer di dunia.

  • Android

Lain dengan beberapa OS yang sudah disebutkan sebelumnya, Android merupakan sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat mobile seperti smartphone, tablet, jam pintar dan lainnya. Perlahan OS ini juga mendukung perangkat TV, layar pintar dan lainnya.

Konsep yang diusung oleh Android hampir sama dengan Linux, yaitu platform open-source yang memungkinkan pengembang menyesuaikan atau custom produknya.

Menurut Statcounter, saat ini Android menjadi sistem operasi mobile yang paling banyak dipakai di dunia dengan pangsa pasar 79,96 persen.

  • iOS

iOS adalah sistem operasi mobile bikinan Apple. OS ini mendukung berbagai perangkat Apple seperti iPhone, iPad, iPod Touch dan lainnya.

OS ini memulai debut pada tahun 2007 bersamaan dengan peluncuran iPhone generasi pertama. Seiring waktu, popularitas iOS semakin tinggi karena desain yang diusungnya memanjakan pengguna, termasuk dukungan fitur yang serbaguna.

Berkat fitur-fiturnya, iOS menjadi OS mobile kedua yang paling banyak dipakai di dunia setelah Android. Menurut Statcounter pangsa pasar iOS adalah sebesar 24,48 persen, dihimpun KompasTekno dari Tecmint.