Bocoran Desain ASUS Zenfone 9 dan ROG Phone 6 Terungkap Lewat Android 12

warta-online.com/ – NESABAMEDIA.COM – Setelah meluncurkan ZenFone 8 dan ZenFone Flip 8 pada awal tahun 2021 lalu, ASUS mulai meluncurkan pembaruan stabil Android 12 ke kedua perangkat itu baru-baru ini.

Di saat pembaruan itu menambahkan beberapa fitur baru ke ZenFone 8 series, rupanya build firmware juga mengungkap mengenai desain yang digadang-gadang milik ASUS ZenFone 9 yang akan datang, dan smartphone gaming generasi berikutnya ROG Phone 6.

Mulai dari desain ZenFone 9, sebuah sketsa awal dari perangkat itu ditemukan pada pembaruan terbaru Android 12. Ini pertama kali ditemukan oleh anggota dari forum ASUS ZenTalk bernama Morgan Delalande dengan nickname The Raimstor. Dirinya mendapatkan pembaruan Android 12 di smartphone ZenFone 8 Flip miliknya dan kemudian menemukan gambar mirip glyph, yang menunjukkan kemungkinan desain dari ZenFone 9.

Desain itu berada dalam sebuah pengaturan tersembunyi untuk gerakan double-tap, yang sama dengan fitur Back Tap milik iOS. Namun sayangnya fitur tersebut saat ini masih belum bisa digunakan.

Sketsa Desain ASUS ZenFone 9

Meskipun sketsa itu tidak mengungkap banyak hal mengenai model ZenFone yang akan datang tersebut, kita bisa melihat adanya tanda 09, sebuah pengaturan dua kamera di bagian belakang dan desain kotak dari perangkat itu. Lebih dekat lagi, akan terlihat adanya lensa kamera 50MP dengan dukungan OIS dan sensor ultra-wide 12MP.

Selain kemungkinan desain dari ZenFone 9, pembaruan terbaru dari Android 12 di ZenFone 8 dan 8 Flip juga mengungkap sketsa sejenis, yang menunjukkan bahwa itu milik ROG Phone 6. Dalam sketsa itu, perangkat tersebut menampilkan tampilan khas gamer yang terkenal, mirip dengan pendahulunya.

Sketsa Desain ASUS ROG Phone 6

Namun, modul kamera yang dimiliki terlihat lebih besar dibandingkan dengan model sebelumnya. Lebih lanjut, sketsa itu juga menunjukkan logo ROG 06 bergaya dan layar kecil di bagian belakang.

Meski tidak banyak informasi yang diketahui mengenai spesifikasi perangkat itu, diharapkan bahwa smartphone tersebut akan hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 terbaru untuk memberikan kinerja yang lebih baik, ketimbang ROG Phone 5.

Selain informasi di atas, belum ada lagi informasi lain mengenai kedua perangkat ASUS yang akan datang itu. Terlebih, desain itu juga belum difinalisasi dan kemungkinan bisa saja berubah nantinya. Termasuk, informasi kapan pastinya kedua smartphone itu akan diluncurkan oleh ASUS.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.