Berapa APBD Papua yang Dipakai Lukas Enembe buat Bayar Dokter Singapura?

warta-online.com/ – Nama Gubernur Papua Lukas Enembe kembali mencuat setelah dirinya diketahui telah memanggil tim dokter dari Singapura ke Papua untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kedua terhadap dirinya. Adapun biaya pengobatan Lukas ini memakai dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Papua.

“Pengobatan Pak Lukas ditanggung oleh negara melalui APBD Provinsi Papua,” kata Pengacara Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening kepada wartawan di Jayapura, dikutip dari detikSulsel, Senin (31/10/2022).

Lukas Enembe diketahui ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi APBD Papua. Namun Roy menegaskan, kliennya masih tetap berstatus Gubernur Papua aktif yang oleh karenanya biaya pemeriksaan kesehatan ini masih ditanggung oleh negara.

“Pak Lukas Enembe itu masih Gubernur Papua yang sah. Jadi biayanya ditanggung negara,” sambungnya.

Digunakan Lukas Enembe buat bayar tim dokter Singapura, memang berapa sih besaran APBN Papua?

Melansir dari portal berita Seputar Papua, sebelumnya APBD Provinsi Papua tahun anggaran 2022 dianggarkan sebesar Rp 8,9 triliun. Adapun perumusan besaran APBN Papua 2022 ini disahkan oleh DPR Papua dalam rapat paripurna, Jumat malam, 17 Desember 2021 lalu.

“Masing-masing bersumber dari Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp 1,2 triliun dan Pendapatan Transfer sebesar Rp 7,7 trilun,” ungkap Rumasukun dalam pidato pada Sidang Paripurna DPR Papua, dengan angenda pembahasan Raperdasi tentang APBD Provinsi Papua Tahun Anggaran 2022 di kantor DPRP, Kamis (16/12/2021).

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://warta-online.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://warta-online.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”