Android 13, Rumor Awal dan Yang Paling Dinanti

warta-online.com/ – NESABAMEDIA.COM – Android 13 bisa saja hadir lebih cepat dari yang diperkirakan dalam bentuk Pratinjau Pengembang. Sistem operasi seluler itu biasanya akan memasuki tahap final pada musim gugur, namun Google juga kerap kali membagikan pratinjau dan beta sepanjang tahun menjelang peluncuran umum.

Tahun lalu, versi Pratinjau Pengembang untuk Android 12 hadir pada tanggal 18 Februari, jadi untuk Android 13 kemungkinan tidak akan lama lagi. Berikut beberapa informasi yang diketahui mengenai Android 13 sejauh ini.

Tanggal Rilis Android 13

Banyak pihak meyakini bahwa versi pertama Pratinjau Pengembang (Developer Preview) dari Android 13 akan hadir di bulan Februari seperti Android 12 tahun lalu.

Sementara versi rilisan final, diperkirakan akan diumumkan pada musim gugur, menjelang peluncuran dari Google Pixel 7. Namun Google sepertinya akan mengungkap beberapa detail mengenai lini masa perilisan itu pada event tahunan Google I/O yang digelar pada bulan Mei nanti.

Kemungkinan Fitur

    Pemindai kode QR Baru: Sebuah tangkapan layar yang dibagikan beberapa waktu lalu menunjukkan adanya dua opsi pemindai kode QR yang baru. Pertama memungkinkan anda untuk mengakses pemindai dari layar kunci (lock screen). Artinya, anda bisa memindai kode QR tanpa harus membuka kunci perangkat anda.

    Media Playback Handoff: Android 13 kemungkinan akan memiliki fitur pengelola media sendiri untuk bersaing dengan iPhone dan HomePods. Sebagai informasi, di HomePod mini anda bisa memindahkan media dengan mudah hanya dengan mengetuk iPhone ke sana. Fitur ini kemungkinan akan bernama Media Tap-to-Transfer (TTT).

    Pemilih Output Media Yang Didesain Ulang: Sebuah perubahan kecil akan terjadi pada pemilih output media. Ini adalah fitur di mana anda bisa memilih speaker mana yang digunakan untuk memutar media anda, entah itu speaker ponsel ataupun earbud.

Bagian Paling Dinanti

Android 12 bukanlah transisi yang sempurna untuk dunia Material You, seperti Android Lollipop yang juga tidak mengalami masa transisi sempurna ke Material Design.

Google telah memperkerjakan ratusan orang untuk mengerjakan hal ini, namun mereka tetaplah manusia yang memiliki kesalahan dan sehingga menimbulkan beberapa error di sana-sini.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang paling dinanti orang-orang dengan Android 13, beberapa di antaranya seperti:

    Sedikit Bug: Bukan rahasia lagi jika Android 12 mengalami masa peluncuran yang cukup keras, dengan adanya beberapa bug. Meski masalahnya tidak terlalu serius, namun bagi orang lain bisa saja mereka mengalami hal yang berbeda. Bug memang akan selalu ada, namun setidaknya di Android 13 itu diharapkan lebih sedikit.
    Pengaturan Cepat Wi-Fi: Di Android 12, Google menggabungkan pengaturan cepat data seluler dan pengendali Wi-Fi dalam sebuah fitur bernama Internet. Ini membuat peralihan dari Wi-Fi ke data seluler menimbulkan masalah. Pengguna pun berharap pengaturan Wi-Fi dan data seluler cepat bisa dipisah seperti pada Android 11.
    Pengguliran Tangkapan Layar Universal: Android 12 memperkenalkan pengguliran tangkapan layar, namun itu hanya mendukung beberapa aplikasi saja. Pengembang harus menerapkan View-Based UI di aplikasi mereka untuk memungkinkan fitur tersebut tersedia. Di Android 13, diharapkan nantinya fitur itu bisa diterapkan secara universal ke semua aplikasi.

    Pengendali Beranda Pintar: Di Android 11, anda bisa mengakses pengendali beranda pintar anda dari menu daya. Sementara di Android 12, fitur itu dimasukkan dalam Quick Settings. Semoga saja fitur itu bisa kembali dipisahkan.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.