Amazon Mau Tutup 3 Gudang, 1.200 Pekerja Bakal Terdampak

warta-online.com/ – Raksasa e-commerce Amazon berencana menutup 3 gudangnya di Inggris. Penutupan gudang bakal berdampak terhadap 1.200 pekerja.

Meski demikian, pekerja diberi kesempatan untuk pindah ke unit lain.

Dikutip dari Reuters, Selasa (10/1/2023), Amazon telah membuka konsultasi untuk menutup 3 gudangnya di Inggris tahun ini yakni di Hemel Hampstead, Doncaster dan Gourock. Gudang ini mempekerjakan 1.200 orang di mana merupakan salah satu pasar terbesar Amazon di luar Amerika Serikat (AS).

Karyawan tersebut akan diberi kesempatan pindah kerja di dalam internal Amazon di mana karyawan untuk dua lokasi pertama dipindah ke gudang lain di dekatnya. Amazon menyatakan, pihaknya mengoperasikan 30 gudang besar di seluruh Inggris.

Amazon berencana membuka 2 gudang baru di Inggris yakni di Inggris tengah dan timur laut selama tiga tahun ke depan. Dengan pembukaan gudang ini akan menciptakan 2.500 pekerjaan baru.

Sebelumnya, Amazon berencana mengurangi 18.000 karyawan secara global. Hal itu dilakukan karena perusahaan mengantisipasi pertumbuhan yang lebih lambat. Kondisi itu dipicu oleh berkurangnya pengeluaran konsumen imbas inflasi yang tinggi.

Rencana penutupan gudang di Inggris bukan bagian dari restrukturisasi perusahaan yang lebih luas.

Di sisi lain, bisnis Amazon di Inggris juga menghadapi tantangan karena tuntutan kenaikan gaji dari para staf gudang. Sekitar 300 pekerja berencana mogok kerja pada 25 Januari mendatang.