Travel  

Aktivitas dan Jam Buka Market Iruum, Wisata ala Korea di Tangerang

warta-online.com/ – Wisatawan pencinta drakor (drama Korea) yang ingin merasakan suasana khas Korea Selatan di dalam satu area bisa mengunjungi Market Iruum atau Iruum Complex di Kabupaten Tangerang, Banten.

Dibuka pada Maret 2022, tempat wisata ini terdiri dari restoran, kafe, supermarket, studio, dan dapur yang bernuansa Negeri Ginseng.

Tidak hanya itu, area ini juga berada di dalam ruangan (indoor) sehingga pas dikunjungi jika matahari tengah terik atau sedang turun hujan.

Aktivitas di Market Iruum

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Market Iruum adalah menyantap hidangan khas Korea Selatan di Iruum Foodcourt.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, Senin (26/12/2022), bagian dalam Iruum Foodcourt terlihat Instagramable berkat berbagai poster drama, film, dan pemandangan negara tersebut. Di dindingnya juga dihiasi stiker bertuliskan huruf Korea.

Menu yang disajikan, antara lain tteokbokki, kimbap, odeng, mandu, dan jjampong. Rata-rata harganya mulai dari Rp 30.000-an hingga Rp 70.000-an.

Tidak jauh dari tempat makan, terdapat Iruum Cafe yang menjajakan minuman dan makanan ringan dengan harga rata-rata mulai Rp 30.000-an.

Wisatawan bisa nongkrong di kafe yang dinding-dindingnya dihiasi karakter serta tulisan Korea yang menyala sehingga bisa dijadikan latar foto.

Puas menyantap makanan, pengunjung dapat mampir ke Iruum Supermarket yang sebagian besar berisi makanan dan minuman Korea Selatan. Mereka bisa membeli mi instan, kimchi, minuman susu dengan rasa buah, dan aneka bumbu untuk memasak hidangan ala negara tersebut.

Tidak hanya itu, area supermarket ini kerap dijadikan spot foto oleh pengunjung.

Selama menghabiskan waktu di Market Iruum, pengunjung mungkin akan sering melihat orang-orang berpakaian seragam khas murid di Korea Selatan.

Seragam tersebut bisa disewa seharga mulai Rp 100.000 per satu jam. Ada pula studio yang bisa dimanfaatkan agar hasil foto lebih maksimal.

Jam buka dan tiket masuk Market Iruum

Jam operasional Market Iruum berbeda-beda tergantung apa yang wisatawan tuju.

Iruum Foodcourt, misalnya, buka pukul 11.00-21.00 WIB, sedangkan Iruum Cafe buka pukul 10.00-21.00 WIB.

Bila ingin ke supermarket, jam operasionalnya pukul 08.30-21.00 WIB. Adapun Iruum Studio buka pukul 10.00-21.00 WIB.

Pengunjung tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis.

Market Iruum beralamat di Lantai G Gedung South 78, Jalan Gading Serpong Boulevard, Medang, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten.

Jaraknya dari Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat, misalnya, hampir 30 kilometer dengan waktu berkendara kira-kira 45 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.