Travel  

8 Ide Kegiatan Wisata Tahun Baru di Dieng, Negeri Atas Awan

warta-online.com/ – – Menikmati malam tahun baru di dataran tinggi Dieng bisa menjadi alternatif kegiatan menyambut pergantian tahun.

Dieng kerap dijuluki negeri di atas awan lantaran berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Wisatawan bisa menyaksikan panorama awan yang menyelimuti kawasan Dieng pada pagi hari.

Dengan panorama itu, tak heran jika dataran tinggi Dieng merupakan salah satu obyek wisata populer di Jawa Tengah.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (DIsparbud) Banjarnegara, Tursiman mengatakan, obyek wisata di dataran tinggi Dieng tetap buka pada libur tahun baru 2023.

Selain itu, jadwal operasional kawasan wisata Dieng buka lebih awal untuk menyambut kedatangan wisatawan, yakni pukul 06.30 WIB hingga 17.00 WIB.

“Petugas menyiapkan layanan lebih awal selama liburan Nataru (Natal dan Tahun Baru),” jelasanya kepada Kompas.com (12/12/2022).

Ide kegiatan wisata tahun baru di Dieng

Selain mengunjungi obyek wisata populer, ada beragam ide kegiatan wisata tahun baru di Dieng yang bisa kamu coba sebagai berikut.

1. Mengunjungi obyek wisata alam

Dataran tinggi Dieng menawarkan banyak wisata alam yang mempesona. Mulai dari perbukitan, gunungm telaga, dan kawah.

Sejumlah wisata alam di Dieng yang populer di kalangan wisatawan adalah Bukit Sikunir, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Dringo, Telaga Merdada, Kawah Sikidang, dan lainnya.

2. Mengunjungi situs budaya dan sejarah

Selain wisata alam, dataran tinggi Dieng memiliki beragam situs budaya dan sejarah yang bisa dikunjungi wisatawan.

Salah satu situs budaya dan sejarah yang terkenal di Dieng adalah Candi Arjuna. Dengan luas mencapai satu hektar, Candi Arjuna menjadi kompleks candi terluas di dataran tinggi Dieng.

Mengutip Kompas.com (31/08/2021), terdapat lima bangunan candi dalam kompleks ini, yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

Kompleks Candi Arjuna menawarkan panorama indah karena dikelilingi dengan latar belakang perbukitan. Selain itu, ada pohon cemara berjajar rapi di area candi.

3. Menikmati malam tahun baru di homestay

Tursiman mengatakan, biasanya para wisatawan menikmati malam tahun baru di homestay masing-masing bersama keluarga maupun teman.

Sembari menikmati hawa dingin khas pegunungan, mereka menggelar acara santai secara berkelompok.

“Aktivitas wisatawan menikmati pergantian malam tahun baru di homestay, biasanya kalau grup membuat acara sendiri,” katanya.

Untuk malam tahun baru, lanjut Tursiman, tidak ada pesta perayaan khusus di dataran tinggi Dieng.

4. Wisata kuliner

Berburu kuliner khas Dieng saat malam tahun baru bisa menjadi kegiatan seru menyambut pergantian tahun. Salah satu makanan khas Dieng adalah mi ongklok.

Mengutip Kompas.com (5/7/2019), keunikan dari mi ongklok adalah kuah yang kental karena dicampur dengan tepung kanji. Selain itu, mi ongklok disajikan dengan kuah sambal kacang.

Satu mangkuk mi ongklok yang hangat sangat cocok disajikan di tengah hawa dingin Dieng. Wisatawan dapat menemukan penjaja mi ongklok dengan mudah di kawasan Dieng.

5.Camping

Jika ingin menikmati malam tahun di alam terbuka, maka wisatawan bisa berkemah atau camping. Aktivitas camping ini tentunya lebih hemat budget karena wisatawan tidak perlu membayar homestay.

Sejumlah spot camping favorit di dataran tinggi Dieng adalah Bukit Scooter, tepi Telaga Dringo, Telaga Cebong, Bukit Sikunir, dan lainnya.

7.Naik gunung

Dataran tinggi Dieng dikelilingi oleh sejumlah gunung yang bisa untuk aktivitas pendakian. Nah, kamu bisa merayakan tahun baru dari puncak gunung tersebut.

Mengutip Kompas.com (17/10/2022), beberapa gunung di sekitar Dieng, di antaranya adalah Gunung Prau, Gunung Bismo, dan Gunung Sindoro.

Setelah turun dari puncak gunung, kamu bisa menikmati obyek wisata lainnya di Dieng.

8. Mandi air panas

Dataran tinggi Dieng memiliki sejumlah sumber air panas alam. Mengutip Kompas.com (17/10/2022), wisatawan bisa menikmati sumber air panas alami tersebut di beberapa obyek wisata.

Wisatawan bisa berendam atau berenang di kolam air panas alami yang bersumber langsung dari dalam bumi.

Wisata pemandian air panas di Dieng antara lain D’Qiano Spring Waterpark dan Pemandian Air Hangat Segar Asri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.