7 Tips Foto Liburan dengan Smartphone Biar Makin Menarik

warta-online.com/ – Liburan Natal dan Tahun baru masih berlangsung. Momen ini dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga. Berkumpul bersama orang tersayang tentu tak terlepas dari mengabadikan momen.

Momen berkumpul bersama dan liburan tentu akan lebih seru diabadikan menggunakan kamera. Namun bagi pengguna yang tidak memiliki kamera tak perlu khawatir. Karena Anda bisa mendapatkan foto apik dan aestethic hanya menggunakan kamera smartphone .

Untuk mendapatkan foto liburan yang apik berikut ini KompasTekno merangkum tips foto liburan menggunakan smartphone yang bisa dicoba.

Aktifkan fitur Grid Line

Fitur grid lines atau garis bantu merupakan fitur yang memudahkan pengguna untuk menempatkan objek di dalam frame foto. Dengan fitur ini pengguna akan lebih mudah menilai perbandingan subjek yang akan dipotret.

Ketika diaktifkan fitur ini akan memunculkan dua garis horizontal dan vertikal yang sejajar. Dan membagi layar menjadi sembilan bagian.

Menggunakan tripod

Gunakan alat bantu untuk menyatabilkan ponsel ketika akan memotret subjek. Pengguna dapat menggunakan tripod. Dengan menggunakan tripod potret gambar akan lebih stabil dan tidak buram.


Menggunakan pencahayaan alami

Apabila berniat memotret foto di luar ruangan maka usahakan untuk memanfaatkan pencahayaan alami. Pencahayaan alami sangat baik digunakan untuk memotret beragam subyek. Adapun pencahayaan alami terbaik bisa didapatkan saat jam empat hingga lima sore.

Gunakan fitur zoom kamera

Dilansir dari Hindustan Times gunakanlah fitur zoom kamera dua hingga tiga kali.
Fitur zoom ini akan membantu subyek foto terlihat natural dan fokus pada mereka.

Menggunakan manual mode camera

Gunakan mode manual pada kamera dnegan menyesuaikan pencahayaan, exposure, white balance, dan lainnya. Menggunakan mode manual akan membuat hasil foto sesuai yang Anda inginkan.

Menggunakan fitur timer

Jangan lupa untuk menggunakan fitur timer kamera. Fitur ini membantu Anda mengatur pose atau gaya agar lebih siap. Dengan fitur timer membantu juga mengurangi goyangan atau getaran pada kamera.

Gunakan software edit foto

Agar foto lebih apik, setelah memotret sesuai keinginan giliran saat untuk memberikan sentuhan akhir yaitu dengan mengedit hasil foto.

Pengguna dapat mengedit foto dengan beragam software atau aplikasi foto yang bisa diunduh di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS). Berikut ini beragam .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.