6 Kampus di Indonesia yang Punya Mata Kuliah atau Jurusan Game

warta-online.com/ – Apakah ada sekolah game di Indonesia? Terdapat beberapa kampus dengan jurusan game development di Indonesia. Terbaru, sebagaimana sempat diwartakan sebelumnya, Universitas Indonesia (UI) bakal memiliki mata kuliah (matkul) game.

Di UI, matkul game, e-sports, dan kecerdasan buatan (AI) akan ditambahkan pada Program Studi Produksi Media Program Pendidikan Vokasi. Sebelum UI bakal menambahkan mata kuliah itu, sejatinya sudah ada beberapa kampus yang punya jurusan game.

Lantas, apa saja kampus yang punya jurusan game? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar kampus dengan jurusan game di Indonesia.

Daftar kampus dengan jurusan game di Indonesia

1. ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

ITS punya matkul game pada Program Pascasarjana (S2) Teknologi Informatika Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas. Di program tersebut, terdapat matkul yang mempelajari tentang pengembangan game, virtual reality, dan augmented reality.

2. ITB (Institut Teknologi Bandung)

Jurusan game di ITB juga ditawarkan melalui Program Pascasarjana (S2). Lewat jurusan teknologi media digital dan game, terdapat beberapa matkul yang bisa diambil, seperti Game Engine Design & Development, Intelligent Game Theory, dan lainnya.

3. Binus University

Di Binus University, jurusan game ditawarkan melalui Program Sarjana (S1) Game Application and Technology. Melalui jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang pengembangan aplikasi dalam industri game.

4. PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

PENS menawarkan jurusan game melalui Program Studi D4 Teknologi Game. Di salah satu jurusan PENS tersebut, mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan yang berkaitan dengan industri game, termasuk dari segi teknis hingga bisnis.

5. PNMK (Politeknik Negeri Media Kreatif)

Sama halnya PENS, PNMK juga menawarkan jurusan game melalui Program D4. Lewat jurusan Teknologi Permainan, mahasiswa belajar mengenai pengembangan game, termasuk juga dengan desain visualnya.

6. STMM (Sekolah Tinggi Multi Media) Yogyakarta

Di STMM Yogyakarta, jurusan game ditawarkan melalui Program Studi Teknologi Permainan. Pada program studi tersebut, terdapat mata kuliah seperti Sound Effect, Game Interface, Animasi Game, Perancangan Sistem Game, dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan seputar enam daftar kampus yang menawarkan mata kuliah atau jurusan game di Indonesia, semoga bermanfaat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://warta-online.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://warta-online.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”