Travel  

5 Tips Kulineran di Pasar Lama Tangerang, Butuh Budget Berapa?

warta-online.com/

KOMPAS.com – Kawasan Pasar Lama Tangerang kerap diserbu oleh para pencinta kuliner karena, saat menjelang malam, sepanjang jalan di kawasan ini akan dipenuhi oleh beragam jajanan.

Mulai dari camilan, makanan berat, hingga aneka minuman dapat ditemui dengan mudah di kawasan yang berlokasi di Kota Tangerang, Banten, ini.

Kawasan kuliner Pasar Lama Tangerang biasanya mulai ramai setelah pukul 18.00 WIB, khususnya di kawasan jalur kiri dari arah gerbang Pasar Lama.

Khusus wisatawan yang belum pernah berkunjung ke Pasar Lama Tangerang, lima tips berikut bisa jadi pedoman saat berkunjung:

Tips wisata kuliner di Pasar Lama Tangerang

1. Kelilingi kawasan terlebih dahulu

Pada malam hari, kawasan ini tidak hanya menarik dari segi visual, tetapi juga dari aroma makanan yang tercium silih berganti.

Tak jarang pengunjung akan mudah tergoda membeli banyak makanan yang akhirnya mungkin tidak habis dimakan.

Sesampainya di kawasan kuliner malam Pasar Lama Tangerang, jangan buru-buru membeli makanan yang tampak menarik alias lapar mata. Sebaiknya kamu berkeliling terlebih dahulu untuk melihat-lihat makanan dan minuman yang dijajakan.

Setelah berkeliling, barulah memutuskan makanan atau minuman apa yang ingin dibeli.

Selain lebih efisien, memilah makanan sebelum membeli juga dapat menghindari wisatawan dari tindakan buang-buang makanan dan pemborosan.

2. Perhatikan makanan yang dibeli, ada yang non-halal

Tidak semua makanan yang dijajakan di kawasan kuliner Pasar Lama Tangerang bersifat halal lantaran ada juga pedagang yang menjual makanan non-halal.

Khusus wisatawan yang tidak mengonsumsi makanan non-halal sebaiknya teliti sebelum membeli makanan dan tidak gampang tertipu dengan tampilannya.

Apabila diperlukan, wisatawan juga bisa bertanya kepada penjual makanan seputar jenis daging apa yang diolah sebelum memutuskan untuk membeli.

3. Siapkan uang tunai, butuh budget berapa?

Transaksi yang dilakukan di kawasan kuliner Pasar Lama Tangerang umumnya masih menggunakan sistem tunai.

Oleh karena itu, sebaiknya siapkan uang tunai yang cukup sebelum datang ke lokasi.

Budget (bujet) yang perlu disiapkan sebelum ke kawasan kuliner Pasar Lama Tangerang yakni minimal Rp 50.000. Dengan budget tersebut, wisatawan sudah bisa membeli tiga jenis makanan lengkap dengan minuman.

4. Susun strategi jika mau hemat

Jika tujuan ke kawasan kuliner Pasar Lama Tangerang ialah untuk jajan dengan bugdet terbatas, sebaiknya isilah perut dengan makanan berat sebelum datang berkunjung.

Beli makanan di kawasan Pasar Lama Tangerang perlu strategi supaya kamu tidak menghabiskan banyak uang dan berujung hanya membeli sedikit jenis makanan.

Apabila ingin mencoba banyak jenis makanan, sebaiknya belilah makanan yang tidak terlalu mahal supaya budget-mu masih cukup untuk membeli makanan yang lain.

Pilahlah kuliner yang akan dibeli berdasarkan jenisnya, yakni camilan, makanan berat, makanan penutup, dan minuman.

5. Bawa air minum sendiri

Guna menghemat uang untuk belanja minuman, kamu bisa membawa air minum menggunakan botol minum pribadi.

Harga air mineral per botol di kawasan kuliner Pasar Lama Tangerang yakni sekitar Rp 5.000.

Budget untuk minuman mungkin bisa kamu alihkan untuk membeli jajanan lain, seperti telur gulung ataupun pentol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.