Travel  

5 Rumah Adat Nusa Tenggara Barat, Bukti kekayaan Budaya Nusantara

warta-online.com/ – Indonesia tidak hanya punya banyak keindahan alam. Negeri ini juga punya kekayaan budaya.

Salah satu buktinya adalah Nusa Tenggara Barat (NTB) yang punya daya tarik wisata sebagai referensi berlibur bersama keluarga. Tak hanya punya alam yang indah, NTB juga punya rumah adat yang bisa dikunjungi.

Bahkan tak hanya ada satu jenis rumah adat, melainkan hingga 5 jenis rumah adat yang ada di NTB.

5 Rumah Adat khas Nusa Tenggara Barat

Berikut ini adalah 5 rumah adat khas NTB dilansir dari laman resmi yang bisa kamu kunjungi saat melakukan liburan di sana:

1. Rumah Adat Bale

Rumah Adat Bale merupakan rumah adat khas Suku Sasak yang memiliki kepercayaan bahwa membangun rumah itu perlu memiliki aturan waktunya, tidak boleh sembarangan membangun rumah.

Rumah adat bisa ditemukan di Desa Sade, Lombok Tengah. Adapun desa ini terkenal dengan kentalnya budaya yang dianut. Maka dari itu, rumah adat ini bisa ditemukan.

Kini, budaya di Desa Sade semakin dikenal masyarakat sebab pada pagelaran Moto GP 2021 ini, lokasinya cukup strategis dengan Mandalika.

2. Rumah Adat Bale Jajar

Sama halnya dengan Rumah Adat Bale, rumah adat ini juga merupakan khas suku Sasak. Bedanya, rumah adat ini ditempati oleh masyarakat setempat yang perekonomiannya menengah ke atas.

Rumah ini pun memiliki dua dalem Bale dan satu Serambi yang disebut Sesangkok. Bale pun memiliki sambi untuk menyimpan bahan makanan dan keperluan rumah lainnya.

Biasanya, rumah ini ditinggal oleh penduduk lokal yang bekerja sebagai petani dan peternak. Namun, banyak juga Rumah Adat Bale Jajar yang dikunjungi wisatawan lokal karena unsur budaya yang menarik.

3. Rumah Adat Bale Lumbung

Masih ditinggali penduduk suku Sasak, rumah ini memiliki bentuk yang unik. Hal itu terwujud dari bentuk rumah yang seperti panggung serta atap yang runcing dan lebar.

Atap rumah adat ini pun terbuat dari jerami dan alang-alang. Sementara itu, dinding rumah Adat Bale Lumbung terbuat dari anyaman bambu.

4. Rumah Adat Berugaq Sekenam

Memiliki enam tiang penyangga, rumah adat ini pun berguna untuk tempat belajar. Biasanya, hal yang dipelajari di dalam rumah ini yakni nilai kebudayaan dan tata krama.

Adapun karena bentuknya yang luas, Rumah Adat Berugaq Sekenam juga kerap menjadi tempat kumpul keluarga.

5. Rumah Adat Istana Sumbawa

Rumah adat yang terletak di Kota Sumbawa Besar ini merupakan peninggalan sejarah Indonesia.

Lebih tepatnya, rumah adat ini mulai berkembang di masa pemerintahan Sultan Muhammad Jalaluddin Syah 3.

Memiliki tiang penyangga yang tinggi, rumah adat ini kerap menjadi tempat tinggal untuk para raja.

Selain itu, rumah adat ini juga berfungsi untuk menyimpan benda-benda berharga dan artefak di Kabupaten Sumbawa.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://warta-online.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://warta-online.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”