396 Km Tol Milik ASTRA Siap Sambut Libur Nataru

warta-online.com/ASTRA Infra siap melayani masyarakat jelang libur Natal dan Tahun baru 2023. 8 ruas tol sepanjang 396 km, mencakup Trans Jawa dan Metro akan bisa dilintasi masyarakat yang melakukan perjalanan.

Adapun rinciannya adalah, ruas tol Cikopo – Palimanan 116,8 km, Semarang – Solo 72,6 km, Jombang – Mojokerto 40,5 km, Surabaya – Mojokerto 36,3 km, Pandaan – Malang 38.5 km, Ulujami – Kebon Jeruk (Jorr 1) 7,67 km, dan Kunciran-Serpong (JORR 2) 11,1 km.

“Kami telah menyiapkan dukungan teknologi yang memfokuskan pada kemudahan akses informasi untuk publik dan live report di lokasi-lokasi strategis tol ASTRA Infra serta memonitor seluruh area dengan teknologi surveillance selama 24 jam,” kata Group COO ASTRA Infra Kris Ade Sudiyono dalam Media Gathering Astra Infra, Selasa (13/12/2022).

Pada Nataru tahun ini, ASTRA Infra telah menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) Nataru yang berjumlah lebih dari 1.300. Untuk layanan keamanan dan kenyamanan telah disiapkan total 35 armada PJR, 48 armada derek,10 kendaraan rescue dan 20 ambulans.

ASTRA Infra juga memastikan setiap ruas jalan tol yang dikelola dalam kondisi baik dan dilengkapi dengan infrastruktur dan keamanan seperti Speed Reducer, Variable Message Sign (VMS), lampu strobe,WIM (Weigh-in-motion), LiDAR (Light Detection Ranging) hingga ANPRR (Auto Numbering Plat Recognition).

Melengkapi hal tersebut, telah dilaksanakan penambahan 95 titik Analytics Camera sehingga sebanyak total 756 Closed-Circuit Television(CCTV) tersedia di jalan tol ASTRA Infra.

Untuk meningkatkan pelayanan pengguna jalan dalam merencanakan perjalanan Nataru yang aman dan nyaman, ASTRA Infra mengembangkan inovasi teknologi aplikasi mobile INFO TOL ASTRA INFRA. Aplikasi ini memberikan akses real time CCTV kepada publik yang ingin mengetahui kondisi trafik terkini di ruas tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan dan Jombang-Mojokerto.

ASTRA Infra senantiasa mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang telah terpasang. Batas kecepatan maksimal di dalam tol 100 km/jam dan batas kecepatan minimum 60 km/jam.

Saat kondisi hujan, batas kecepatan maksimal turun menjadi 70 km/jam. Pengguna jalan disarankan mematuhi aturan ini demi keselamatan bersama.

Adapun tahun ini diperkirakan ada peningkatan arus mudik yang dimulai dari H-3 Natal, yaitu Kamis 22 Desember, hingga hari H Natal di Minggu, 25 Desember 2022.

Dibandingkan tahun lalu, jumlah traffic diprediksi juga meningkat sebesar 13%.