11 Orang Tewas Dalam Konser Musik di Kongo

warta-online.com/ – Sebelas orang tewas dalam sebuah konser dalam stadion di Kinshasa, Kongo . Hal ini terjadi karena jumlah penonton konser melebihi kapasitas.

Dilansir Reuters, Senin (31/10/2022) acara tersebut merupakan konser penyanyi Kongo Fally Ipupa. Stadium of Martyrs di ibu kota disebut penuh sesak melebihi kapasitas 80.000 orang.

Disebutkan beberapa penonton akhirnya memaksa masuk ke bagian VIP dan ruang khusus. Pihak kepolisian mencatat 11 orang tewas dikarenakan lemas dan terhimpit.

“11 kematian, termasuk 10 akibat mati lemas dan terhimpit, dan tujuh dirawat di rumah sakit,” kata Menteri Daniel Aselo Okito dalam sebuah pernyataan.

Pasukan keamanan sebelumnya menembakkan gas air mata untuk mencoba membubarkan massa yang melakukan kekerasan di jalan-jalan di luar stadion. Jumlah akhir peserta di dalam stadion disebut melebihi jumlah yang dapat dikontrol oleh personel keamanan negara bagian dan swasta.

Ipupa mengatakan dia hanya mendengar terkait kabar kematian pada Minggu pagi, ketika dia bangun setelah penampilannya. Ia mengaku ikut berduka atas kejadian tersebut.

“Ini menyakitkan bagi saya. Saya dari Kinshasa dan tentu saja saya ikut berduka atas duka para keluarga,” katanya kepada Reuters.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://warta-online.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://warta-online.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”