Travel  

10 Wisata Bandungan Semarang Berhawa Sejuk, Ada Tempat Baru yang Hits

warta-online.com/ – Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang merupakan wilayah di lereng Gunung Ungaran. Letaknya sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Semarang.

Banyak wisata Bandungan Semarang untuk liburan yang berhawa sejuk. Salah satu icon wisata Bandungan adalah Candi Gedong Songo.

Selain itu, ada tempat wisata baru Bandungan yang hits di kalangan wisatawan. Berikut rekomendasi tempat wisata Bandungan Semarang yang dihimpun Kompas.com.

Tempat wisata di Bandungan Semarang dengan hawa sejuk

1. Alun-alun Bandungan

Alun-alun Bandungan merupakan icon wisata baru di Kecamatan Bandungan, Semarang, dengan patung tiga gunungan yang bisa jadi spot Instagramable.

Daya tarik Alun-alun Bandungan adalah latar belakang pemandangan alam dan aneka tanaman.

Ruang publik itu kini banyak dikunjungi warga pada pagi dan sore hari untuk olahraga, wisata kuliner, atau sekadar bersantai.

2. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan kompleks candi bercorak Hindu. Nama Gedong Songo berasal dari Bahasa Jawa, yaitu gedong berarti bangunan dan songo berarti sembilan.

Sesuai namanya, terdapat sembilan bangunan candi di kompleks ini. Mengutip pada Selasa (28/12/2021), daya tarik Candi Gedong Songo adalah berada di ketinggian 1.200-1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga menawarkan pemandangan yang indah.

Lokasi candi yang berada di ketinggian berkaitan dengan kepercayaan umat Hindu bahwa gunung merupakan tempat bersemayam para dewa. Umat Hindu meyakini ibadah di tempat yang tinggi, seperti gunung, akan lebih mendekatkan diri dengan kahyangan.

Panorama Candi Gedong Songo merupakan incaran para fotografer lantaran memadukan pemandangan candi yang sakral, gugusan awan, serta gunung-gunung di Jawa Tengah.

Lokasinya berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

3. Taman Bunga Celosia

Sesuai namanya, obyek wisata ini dipenuhi dengan beragam bunga warna-warni, seperti dikutip dari Tribun Travel, Kamis (23/12/2021). Selain bunga celosia, terdapat jenis bunga lainnya seperti lavender dan krisan.

Taman Bunga Celosia menghadirkan banyak spot foto Instagramable, seperti rumah hobbit, balon udara, Rural Japanese, White Marine Park, New Little Korea, Little Amsterdam, dan taman lampion.

Taman Bunga Celosia juga menyediakan Cafe Garden Celosia yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantai sembari menikmati pemandangan dari ketinggian. Obyek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi anak-anak hingga orang dewasa.

Selain itu, udara di area Taman Bunga Celosia cukup segar lantaran berada di kaki Gunung Ungaran. Lokasinya berada di Jalan Wisata Candi Gedong Songo KM 0,5 Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

4. Sunrise Hill Gedong Songo

Sunrise Hill Gedong Songo merupakan tempat wisata yang menawarkan beragam fasilitas kepada wisatawan. Mengutip dari Tribun Travel, Kamis (23/7/2021), terdapat spot foto, glamping (glamour camping), dan kolam renang.

Obyek wisata di Bandungan ini juga memiliki kampung tematik yang Instagramable. Mulai dari kampung salju, kampung Jepang, dan kampung Halloween.

Untuk anak kecil, tersedia area bermain atau playground. Lokasi Sunrise Hill Gedong Songo berada di Jalan Candi Gedong Songo, Tlogosari, Banyukuning, Bandungan Semarang.

5. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan wisata alam yang berada di lereng Gunung Ungaran. Berada di ketinggian 1.200 mdpl, obyek wisata ini menawarkan udara segar khas pegunungan.

Dilaporkan oleh pada Sabtu (26/3/2022), daya tarik Umbul Sidomukti adalah kolam renang yang airnya berasal dari mata air Gunung Ungaran. Terdapat tiga kolam dengan kedalaman bervariasi mulai dari 30 centimeter hingga 1,5 meter.

Selain kolam renang, wisatawan bisa menikmati fasilitas lainnya seperti wahana Little Ranch, berkuda, panahan, dan susur goa buatan sepanjang 135 meter.

Umbul Sidomukti juga menyediakan wahana yang memacu adrenalin, antara lain ATV, flying fox, marine bridge, dan sepeda awang. Lokasinya berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

6. Wisata Perantunan

Wisata Perantunan merupakan obyek wisata yang berada di sisi selatan Gunung Ungaran. Tepatnya di Desa Gintungan, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, Minggu (26/12/2021), Wisata Perantunan merupakan salah satu pintu gerbang pendakian Gunung Ungaran. Lokasi ini merupakan tempat camping favorit para pecinta alam.

Selain menyuguhkan sejuknya udara gunung, Wisata Perantunan juga menyajikan keindahan panorama alam. Hutan dengan pepohonan hijau yang teduh berpadu sempurna dengan panorama Rawa Pening di sisi selatan.

Saat cuaca cerah, Gunung Merbabu di ujung selatan juga terlihat indah sekali. Dari lokasi ini, pendaki membutuhkan waktu perjalnan tiga sampai lima jam mencapai puncak tertinggi Gunung Ungaran, yakni Puncak Botak.

Namun, bagi wisatawan yang tidak mendaki gunung, bisa berkemah di Wisata Perantunan.

7. Bumi Perkemahan Mawar

Selain Wisata Perantunan, jalur pendakian Gunung Ungaran lainnya adalah lewat Bumi Perkemahan Mawar. Rute ini cenderung dipilih oleh para pemula dengan durasi pendakian sekitar 7 sampai dengan 12 jam sampai ke puncak.

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (14/7/2016), Bumi Perkemahan Mawar dilengkapi dengan sejumlah fasilitas sehingga dapat digunakan oleh para wisatawan. Mulai dari listrik, air, toilet, parkir kendaraan, dan petugas penjagaan.

Daya tarik lokasi kemah ini adalah memberikan pengalaman menginap di tengah hutan pinus dengan panorama perkotaan di Jawa Tengah. Bumi Perkemahan Mawar bisa menampung sekitar 300 tenda.

Lokasinya berada di Dusun Kluwihan, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

8. Florawisata Banyukuning

Florawisata Banyukuning merupakan obyek wisata baru di Bandungan. Wisata yang mengusung konsep alam ini baru akan dibuka untuk umum pada Minggu (22/7/2022) mendatang, mengutip dari Kompas.com, Sabtu (9/7/2022).

Namun demikian, sejumlah wisatawan sudah berdatangan. Florawisata Banyukuning berada di atas lahan seluas 7,5 hektar. Saat ini, baru seluas 2,5 hektar yang efektif digunakan sebagai tempat wisata.

Obyek wisata baru ini menawarkan sejumlah fasilitas kepada wisatawan. Mulai dari playground, camping ground, mini zoo, pusat kuliner, pagelaran seni budaya, kolam renang, green house, wedding venue, dan ruang pertemuan.

Lokasinya berada di Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

9. Watu Gunung

Watu Gunung merupakan obyek wisata alam yang dipadukan dengan budaya Jawa Tengah. Mengutip Tribunnew Wiki, Senin (30/5/2022), terdapat danau buatan seluas 60 meter persegi dengan kedalaman dua meter di area wisata.

Pengunjung dapat bersantai sembari duduk di tepian danau buatan tersebut. Obyek wisata seluas 3,5 hektar ini dikelilingi dengan pepohonan sehingga suasananya asri.

Selain panorama alam, Watu Gunung juga dilengkapi dengan bangunan rumah joglo, yang merupakan rumah adat Jawa Tengah.

Bangunan joglo ini juga dilengkapi dengan dekorasi dan pernak-pernik etnik wayang sehingga menambah kental kesan budaya.

10. Ayanaz Gedongsongo

Ayanaz Gedongsongo berada di sekitar kompleks Candi Gedong Songo. Obyek wisata kekinian ini menghadirkan beragam spot foto Instagramable.

Dikutip dari , Senin (30/5/2022), tempat wisata ini viral karena spot foto berbentuk balon udara unik serta berwarna-warni. Selain balon udara, adapula spot foto berbentuk ayunan di atas kolam, kursi di tengah kolam, replika perahu, tenda, serta spot foto kekinian lainnya.

Sambil menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa memesan makanan dan minuman yang tersedia di lokasi. Lokasi Ayanaz Gedongsongo berada di Krajan, Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Semarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.